Studi Kasus “Jasa Google Ads”

  • 3 min read
  • May 29, 2021

Ini Adalah artikel studi kasus promosi bisnis online dengan Google Ads

Klien saya ini adalah pemilik bisnis paket tour ke Nusa Penida yang berada di bali. Beliau ingin meningkatkan penjualan paket tour & travel ke Nusa Penida-nya dengan menggunakan Google Ads sebagai media promosi.

Target market bisnis ini ialah turis asing yang sudah berada di bali dan ingin berkunjung ke Nusa Penida

TANTANGAN UNTUK SAYA

“Membantu bisnis travel ini meningkatkan penjualan dengan menggunakan Google Ads”

Berdasarkan tantangan di atas, kami ngurusweb.com melakukan langkah-langkah optimasi iklan google adwords berikut ini:

Mendatangkan Pengunjung yang Tepat

Karena target marketnya turis asing yang anda di bali, kami melakukan pengaturan sehingga iklan hanya muncul bila orang yang menelusuri berada di bali, menggunakan bahas inggris (pada browser/keywordsnya) & Tampilan iklan juga menggunakan bahasa Inggris.

Mendatangkan Pengunjung yang Punya Minat Beli Tinggi

Saya hanya menggunakan buying keywords saja dalam mempromosikan paket tour & travel ini untuk mendatangkan pengunjung berkualitas.

Buying keywords ialah keywords atau kata kunci yang ditelusuri oleh orang yang ingin membeli sesuatu secara online.

Contohnya:

  • Nusa Penida Tour Package
  • Cheap Nusa Penida Tour
  • Nusa Penida Tour Price

Optimasi Budget dan Kualitas Iklan

Karena persaingan yang tinggi dan biaya iklan yang tinggi, kami merekomendasikan klien untuk menaikan budget harian dari Rp50.000 per hari ke Rp100.000 per hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari Iklan.

Kami juga melakukan optimasi agar nilai Quality Score iklan tinggi atau membuat iklan benar-benar relevan dengan apa yang di cari oleh calon pelanggan sehingga biaya per klik iklan lebih murah.

contoh jasa iklan google ads

Quality Score atau Skor Kualitas adalah rata-rata penjumlahan dari iklan yang relevan, kualitas landing page dan rasio CTR (Jumlah Klik Iklan/ Jumlah Muculnya Iklan di Google). Angka skor kualitas tebaik adalah 10 dan yang paling buruk adalah 1. Dibawah ini adalah contoh ilustrasi skor kualitas yang tinggi pada IKLAN B membayar lebih murah dari paada IKLAN A untuk bisa muncul di posisi 1.

skor kualitas google ads

Promosi Berhasil

Klien melanjutkan promosi lagi untuk bulan-bulan berikutinya….

 

Frequently Asked Questions

Apa itu Google Adwords ?

Google Adwords membantu meningkatkan peringkat website bisnis anda menjadi nomor 1 di  halaman pertama Google. Website anda akan muncul saat calon pelanggan anda mencari produk atau jasa yang anda jual di Google. Silakan lihat contoh adwords di bawah ini, untuk kata kunci “hotel murah di Bali

contoh iklan google

Siapa yang mengelola iklan adwords anda?

Iklan Google Adwords anda langsung di tangani oleh Elmail Clinton – Bersertifikat Online Advertising resmi oleh Google.

Apa itu Google Ads?

Google Ads adalah cara paling mudah untuk masuk halaman satu google atau mesin pencarian lain. Website anda bisa menjadi nomor satu di google dengan membayar biaya iklan ke google. Iklan website anda akan di tampilkan pada halaman pertama google dan anda hanya akan membayar bila iklan anda di klik.

Berapa Biaya Google Ads?

Biaya per klik iklan berkisar atara Rp500- Rp10.000 per klik, tergantung pada tingkat persaingan kata kunci dan jumlah penelusuran kata kunci tersebut di google. Misalnya semakin banyak yang mengiklankan kata kunci tertentu berpengaruh terhadap biaya per klik iklan.

Bagaimana Cara Google Ads Bekerja ?

Google memberikan harga untuk setiap kata kunci yang ada di google, anda bisa mengiklankan produk anda di google dengan tarif tersebut.

contoh keywords google ads

Contoh untuk kata kunci “hotel murah di bali” jumlah penelusuran rata-rata 9.900 per bulan, anda harus membayar Rp7.286 ke google untuk setiap klik ke website anda.

Harga ini bukan harga mutlak, lagi-lagi tergantung pada persaingan jumlah orang yang mengiklankan kata kuci tersebut pada saat yang sama. Bisa jadi lebih murah dan bisa jadi lebih mahal dari harga yang di tawarkan google.

Bila semua pengiklan membayar Rp7.286 ke google untuk kata kunci “Hotel Murah di Bali”, siapa yang akan menjadi nomor satu di google?

Selain biaya iklan, google juga memiliki skor kualitas iklan. Skor kulaitas iklan ini yang akan menentukan posisi tampil iklan anda di google. Skor kualitas iklan meliputi rasio klik dan tampilnya iklan di google, kalimat iklan yang sesuai dan landing page (Halaman website yang di optimasi untuk SEO/SEM)

Contoh : Perhitungan Iklan A dan Iklan B pada harga Rp7.286 per klik (Iklan B menempati posisi pertama dengan Total Nilai 63.145)

skor kualitas google ads

Bila harga per klik iklan B diturunkan ke Rp5.000 per klik (Iklan B masih menempati posisi pertama dengan Total Nilai 43.444)

Jadi, Anda bisa membayar lebih murah dengan posisi paling tinggi di google. Kurang lebih seperti itu google adwords bekerja untuk menampilkan iklan bisnis anda dalam lima menit di halaman pertama google.

Terima kasih semoga bermanfaat!

🔵 Artikel ini dipublikasikan pada May 29, 2021 dan terakhir di update 2 months yang lalu oleh Elmail Clinton

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.