Studi Kasus Facebook Ads ROAS 1050%

  • 2 min read
  • May 27, 2018

“ROAS 1050% artinya budget iklan 1 juta menghasilkan omzet 10,5 juta rupiah”

Product Info (Dating App) 

Pada studi kasus ini saya mempromosikan sebuah Dating App dan mendapatkan Reward atau komisi bila ada yang mendaftar melalui link affiliate saya.

Setiap orang yang mendaftar (sesuai kriteria) saya akan mendapatkan komisi Rp40.000.

Kriteria atau target market dari dating apps ini adalah wanita indonesia usia 26 – 45 tahun. Bila ada yang mendaftar di luar kriteria ini saya tidak akan mendapatkan komisi.

Campaigns Flow

  • Ambil link affiliate di affiliate networks (accesstrade)
  • Saya akan menggunakan Facebook untuk media promosi
  • Ada yang mendaftar melalui link affiliate saya.
  • Advertiser (Dating App) melakukan verifikasi pendaftar bila sesuai kriteria akan di approved.
  • Saya mendapatkan komisi dari accesstrade

Learn & Think (Creative)

Karena target market (wanita 26-45) dan KPI (Rp40.000 per register) campaigns ini sudah jelas saya tinggal memikirkan creative untuk mempromosikan.

IDE A: Soft selling 6 tips dapat jodoh bule (tips ke 6 instal dating app)

IDE B: Dating app kini hadir di indonesia, temukan jodoh bule di komunitas bule ini

Create Campaigns

Membuat dua campaigns dengan target market yang sama di facebook dengan menggunakan dua ide Soft Selling & hard selling.

Create Campaigns (Target)

Wanita Indonesia Usia 26-40 Tahun status hubungan single (saat artikel ini di tulis ada 2 juta orang)

Campaign Tracking (A)

Campaigns soft selling ini menghasilkan 8 conversion atau komisi Rp320.000 dengan budget spend Rp96.000

Campaign Tracking (A)

Campaigns hard selling ini menghasilkan 31 conversion atau komisi Rp1.240.000 dengan budget spend Rp99.000

Optimize Campaigns

Dari data hasil test ide soft selling & hard Selling saya kemudian memutuskan untuk lanjut promosi hard selling saja (karena konversinya lebih tinggi).

Dengan budget yang sama, saya bisa mendapatkan 276% konversi lebih banyak bila melanjutkan campaigns (Hard Selling)

Campaigns Result

ROAS (revenue of ad spending)

ROAS = Revenue / FB Ads Spend

ROAS = (10.680.000 / 1.008.694)

ROAS = 10,5

Budget iklan facebooknya. Promosi ini menghasilkan 10,5x dari dari biaya iklan yang di keluarkan atau ROAS = 10,5 (Profit = Rp9.071.306 setelah dikurangi budget FB Ads)

Mau meningkatan penjualan bisnis anda dengan facebook ads? 

 

🔵 Artikel ini dipublikasikan pada May 27, 2018 dan terakhir di update 4 months yang lalu oleh Elmail Clinton

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.