Apa sih SEO? Apa sih Adwords? KLIK DISINI Sekarang!

Apa sih SEO? Apa sih Adwords?

Di era digital sekarang ini setiap perusahaan atau pun mereka yang memiliki usaha sendiri dapat menggunakan internet untuk media marketing dan promosi bisnis mereka. Marketing di internet tentu dilakukan dengan tujuan untuk mendatangkan traffic yang tinggi, karena traffic tinggi memiliki kecenderungan berbanding lurus dengan engagement ataupun nilai sales yang tinggi pula.

Namun sebagus apapun website yang Anda miliki, apabila website tersebut tidak muncul di hasil pencarian populer pada search engine seperti Google atau Bing, usaha Anda hanya akan berujung pada kesia-siaan. Well, mungkin akan ada beberapa visitor yang datang ke website Anda, tapi tidak dalam jumlah yang besar.

Nah … Kali ini saya ingin membahas tentang dua metode dari SEM (Search Engine Marketing) yang berfungsi untuk mendatangkan traffic ke website Anda. Yes, SEO (Search Engine Optimization) dan juga Jasa PPC Adwords (Pay Per Click). Bagi para pelaku digital marketing pasti sudah sangat akrab dengan sebutan Jasa SEO dan Jasa Adwords ini.

SEO (Search Engine Optimization)

Yang satu ini adalah satu teknik yang dapat dimanfaatkan dengan bermain kata-kata pada saat Anda sedang membuat sebuah website. Kata-kata tersebut nantinya akan terdeteksi ketika seseorang mencari di mesin pencarian dan akhirnya website yang mengandung keywords yang dicari ini lah yang akan muncul.

Beberapa tahun yang lalu, teknik SEO sangat digemari oleh banyak orang karena kita dapat melakukan ‘keyword stuffing’, dimana kita bisa mengakali mesin pencari dengan memasukkan banyak kata-kata di dalam satu page, sehingga page tersebut akan dengan sangat mudah muncul pada saat dicari di mesin pencarian. Selain itu, SEO pun tidak memerlukan modal yang begitu besar, atau bisa juga disebut teknik yang gratis karena dapat dilakukan tanpa biaya.

Namun hal itu sudah tidak memungkinkan lagi untuk dilakukan, karena Google, sang mesin pencarian sudah menyadari hal ini dan melakukan perombakan pada algoritma pencarian mereka.

Disinilah kelemahan teknik Jasa SEO murah, begitu Google mengganti algoritma pencarian mereka (yang memang selalu dilakukan secara berkala), seketika itu pula hasil pekerjaan SEO Anda akan kehilangan tajinya, hehehe, karena artinya Anda juga harus mengganti pola teknik SEO yang diterapkan pada website Anda.

Apabila Anda tetap ngeyel menggunakan sistem SEO yang jadul tanpa mau mempelajari algoritma dan teknik yang baru, tentu saja website Anda akan ‘menghilang’ dan sulit untuk ditemukan atau muncul di hasil pencarian populer.

Jasa Google Adwords atau PPC (Pay Per Click)

Untuk teknik yang satu ini, banyak dari perusahaan besar yang mengaplikasikannya pada proses marketing dan promosi brand mereka, terutama mereka yang ingin traffic datang dengan cepat dalam jumlah besar. Intinya teknik ini adalah teknik yang berbayar, pada saat mereka beriklan, mereka akan dikenakan charge begitu ada user yang klik iklan mereka.

Namun kekurangannya adalah, disaat Anda mengeluarkan biaya yang cukup tinggi, teknik Adwords juga belum tentu menjamin akan datangnya leads atau customer di website Anda. Yang penting traffic, hehehe, tapi apabila website Anda didesain dengan menarik, berstruktur yang baik, dan memang menawarkan produk yang bagus, teknik Adwords akan sangat dapat membantu mencapai target sales Anda.

Adwords pun tidak terpengaruh dengan bergantinya algoritma mesin pencarian. Selama page tersebut di link pada iklan yang muncul di mesin pencarian.

Intinya, yang gratis-gratis emang harus agak sedikit ribet, hehehe, kalau yang bayar, yaaaa gak terlalu pusing laaah 🙂

Cukup dulu untuk pembahasan due metode SEM kali ini, sehingga bagi mereka yang belum memahami dua metode ini, semoga sekarang sudah mendapatkan kejelasan dan lebih paham ya tentang teknik SEM. Kalau Anda penasaran mana yang lebih berfungsi antara Jasa Adwords atau Jasa SEO Indonesia, baca artikelnya disini

SUKA Artikel ini, Share Sekarang!