Cara Optimasi Facebook Ads Agar Biaya Iklan Makin Murah!

  • 3 min read
  • May 31, 2021

Hai salam kenal Saya Elmail Clinton, 6 tahun terakhir ini saya menggunakan facebook sebai sumber traffic utama pada produk atau jasa yang saya promosikan.

Pada artikel ini saya ingin berbagi, cara untuk mendapatkan biaya per klik iklan yang murah. Sebelum membahas lebih jauh faktor apa saya yang membuat iklan semakin murah dan bagaimana cara kita melakukan optimasi faktor tersebut.  Saya ingin menjelaskan sedikit apa yang saya maksud murah dalam artikel ini.

Murah itu relatif

Biaya per klik Rp5.000 murah bagi yang profit per kliknya Rp100.000 namun mungkin mahal bagi yang profit per kliknya Rp10.000.

Lalu kapan iklan facebook itu murah ?

Iklan facebook itu murah bila pada dua iklan yang mirip untuk produk yang sama, memiliki biaya per klik yang berbeda.

Contoh : Iklan produk A dengan warna background merah biaya per kliknya Rp500 dan iklan produk A dengan warna background kuning biaya per kliknya Rp200.  Dari contoh ini, saya bisa mengatakan bahwa produk A dengan warna background kuning adalah iklan produk A yang murah.

Mengerti ya, ok kita lanjut! 

Dalam melakukan Optimasi Facebook Ads Agar Biaya Iklan Makin Murah! ada tiga faktor utama yang menyebabkan iklan itu murah :

  1. Target Audiens
  2. Ads Copy ( Kalimat Iklan )
  3. Gambar pada iklan

1. Target Audiens

Target audiens adalah orang yang akan melihat iklan facebook anda. Di facebook saat ini kita bisa menargetkan iklan pada orang orang berdasarkan demografi dan psikografi.

Demografi : Jenis kelamin, Usia, Tempat Tinggal, Status Perkawinan, Pekerjaan dan lain-lain

Psikografi : Interest (Minat & Kepentingan), Kepribadian, Gaya Hidup, Opini, Sikap.

Kenapa iklan anda harus tertarget pada orang yang tepat ?

Algoritma iklan facebook bekerja dengan menampilkan iklan yang paling sesuai dengan kepribadian pengguna facebook. Bila anda menargetkan audiens yang tepat, akan banyak interaksi pada iklan anda facebook sehingga biaya iklan anda akan semakin murah dan menjangkau lebih banyak orang. Selain itu, iklan yang dengan target audiens yang tepat akan membuat konversi pada Penjualan/Suka/Komentar/Penonton Video iklan anda akan meningkat.

Bagaimana cara melakukan optimasi agar kita mendapatkan target audiens yang tepat dan biaya paling murah ?

Caranya ialah dengan melakukan perbandingan antara target audiens satu dengan target audiens yang lain untuk produk yang sama.  Contoh :  Parcel Natal

Target Demografi : Semua Jenis Kelamin, Usia 23-35 Tahun, Tinggal di Jabodetabek.

Target Psikografi : Orang yang memiliki interest terhadap Gift General dan Gift Christmas . Dari ke dua interest ini, mana interest yang menghasilkan biaya per penjualan paling murah.

Anda bisa membandingkan group interest satu dengan interest lain ( satu ads set, satu group interest ) seperti pada gambar di bawah ini.

Pada gambar di atas yang paling murah adalah Gift Christmas Adset , dengan biaya Rp34.000 per penjualan.  Contoh ini saya tampilkan kepada anda untuk memberikan gambaran kepada anda, bagaimana cara menemukan interest dengan biaya iklannya paling murah untuk produk yang anda jual. Setelah anda mendapatkan interest mana yang murah, anda bisa melakukan jeda/pause interest iklan yang mahal menurut anda dan menaikkan budget iklan pada interest dengan biaya iklan yang murah.

2. Ads Copy (Kalimat Iklan)

Bila target audiens anda sudah tepat, anda masih membutuhkan yang namanya ads copy atau kalimat iklan agar tujuan iklan anda tercapai. Misalnya iklan anda bertujuan untuk meningkatkan penjualan, ads copy yang anda buat harus bisa mendorong target audiens anda untuk membeli produk yang anda jual. Selain itu, tentunya dengan ads copy yang menarik, iklan yang anda buat akan menjadi lebih murah karena mendorong orang untuk melakukan interaksi. Lihat contoh di bawah ini, iklan dengan gambar dan targeting yang sama memiliki harga per klik yang berbeda karena ads copy-nya berbeda.

Ads copy yang bagus, akan menghasilkan iklan yang murah dan meningkatkan penjualan.

2. Gambar Iklan

Tidak bisa dipungkiri,  gambar merupakan salah satu faktor penting dalam sebuah iklan facebook. Gambar dengan mudah menarik perhatian orang, hal ini tentu akan membuat orang mau melihat pesan iklan anda. Bila mereka tertarik dengan iklan yang anda buat, mereka akan melakukan interaksi baik berupa klik, komentar atau suka pada iklan facebook anda. Lagi-lagi, banyaknya interaksi dengan dengan sebuah iklan di facebook membuat iklan anda semakin murah. Silakan lihat contoh di bawah ini, target audiens sama, ads copy sama, kombinasi warna gambar berbeda, menghasilkan biaya iklan yang berbeda.

Saya biasa menggunakan canva.com untuk membuat gambar iklan, karena sangat mudah dalam melakukan kombinasi warna iklan. Optimasi gambar iklan tidak hanya warna, anda bisa mencoba membandingkan gambar model pria atau wanita, gambar senyum atau tertawa, bayi atau orang dewasa. Intinya pada saat membuat iklan, buatlah beberapa kombinasi gambar yang berbeda yang menurut anda akan disukai oleh audiens anda untuk mendapatkan biaya klik paling murah. Kemudian bila sudah menemukan iklan yang murah, jalankan iklan dengan biaya per klik murah itu dan tingkatkan budget harian untuk iklan tersebut.

Itulah tiga faktor utama dalam dalam melakukan optimasi facebook ads, semoga bermanfaat untuk anda!

Baca Juga Cara Memanfaatkan Data, Agar Facebook Ads Semakin Murah!


🔵 Artikel ini dipublikasikan pada May 31, 2021 dan terakhir di update 2 weeks yang lalu oleh Elmail Clinton

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.