Apa itu Meta Pixel? ini Cara Membuat Meta Pixel

  • 2 min read
  • Jun 18, 2024

Apa itu Meta Pixel?

Meta Pixel (sebelumnya dikenal sebagai Facebook Pixel) adalah alat pengumpulan data yang ditempatkan di website untuk mengukur efektivitas iklan Facebook berdasarkan aktivitas pengunjung di website tersebut. Meta Pixel memungkinkan kamu untuk mengoptimalkan iklan dengan menargetkan audiens yang tepat berdasarkan data yang dikumpulkan.

Cara Membuat Meta Pixel

Berikut adalah langkah-langkah membuat dan memasang Meta Pixel di website:

  • Buka Facebook Events Manager: Klik Connect Data Sources, pilih Web, lalu klik Connect.

  • Masukkan Nama Pixel: Klik Create Pixel.

  • Masukkan URL Website: Klik Check.

  • Pilih Meta Pixel Only: Klik Next.

  • Masukkan Kode Pixel ke Website: Jika menggunakan integrasi partner seperti Shopify, pilih Conversions API and Meta Pixel. Jika tidak, masukkan kode Pixel secara manual di header situs website.
  • Automatic Advanced Matching: Pilih apakah akan menggunakan fitur ini untuk mencocokkan data pengunjung website dengan data di Facebook.

  • Buat Event: Gunakan Event Setup Tools untuk membuat event.

Penggunaan Facebook Pixel Helper

Untuk memastikan Pixel berfungsi dengan baik, gunakan Facebook Pixel Helper:

  • Install Meta Pixel Helper di Google Chrome: Tambahkan extension ini ke browser.

  • Cek Website: Kunjungi website dan gunakan extension untuk memastikan Pixel berfungsi dengan baik.

Event Customization

Selain standard events, Meta Pixel memungkinkan pembuatan custom events untuk melacak tindakan spesifik di website yang tidak tercakup dalam standard events. Custom events memberikan fleksibilitas kepada pemasar untuk mendapatkan data yang lebih terperinci mengenai interaksi pengguna. Misalnya, jika bisnis kamu ingin melacak berapa kali pengguna menonton video tertentu atau mengisi formulir khusus, custom events memungkinkan pelacakan tersebut dengan cara yang lebih terarah dan relevan. Dengan membuat custom events, kamu bisa mendapatkan wawasan yang lebih mendalam mengenai perilaku pengunjung dan membuat strategi iklan yang lebih efektif dan disesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

Cara membuat custom events cukup sederhana dan dapat diimplementasikan melalui beberapa langkah. Pertama, buka Facebook Events Manager dan pilih Pixel yang ingin kamu gunakan. Kemudian, tambahkan kode JavaScript tambahan di halaman website tempat kamu ingin melacak tindakan spesifik. Misalnya, untuk melacak klik pada tombol tertentu, kamu bisa menambahkan fungsi fbq('trackCustom', 'ButtonClicked', {buttonName: 'Chat WA'}); di dalam event listener tombol tersebut. Setelah mengatur custom events, kamu bisa memonitor dan menganalisis data yang dikumpulkan melalui Facebook Events Manager. Dengan mengatur custom events dengan benar, kamu dapat meningkatkan akurasi pelacakan dan efektivitas kampanye iklan, memastikan bahwa strategi pemasaran kamu benar-benar sesuai dengan interaksi pengguna di website.

Kegunaan Meta Pixel pada Business Manager

Meta Pixel membantu mengoptimalkan iklan Facebook agar ditampilkan kepada audiens yang tepat, memaksimalkan anggaran iklan yang dijalankan. Berikut adalah beberapa kegunaan utama Meta Pixel:

  1. Melacak Konversi: Dengan Meta Pixel, kamu bisa melacak tindakan yang dilakukan audiens ketika mengakses website dari Facebook Ads, memungkinkan penghitungan jumlah konversi, biaya per konversi, dan conversion rate.
  2. Optimasi Kampanye Facebook: Memantau tindakan pengguna di website untuk membuat iklan yang sesuai dengan tindakan mereka.
  3. Penargetan Ulang (Retargeting): Menunjukkan iklan kepada orang-orang yang telah mengunjungi website dan melakukan tindakan tertentu, seperti melihat produk atau menambahkan barang ke keranjang belanja tetapi belum checkout.
  4. Meningkatkan ROI (Return on Investment): Menampilkan iklan pada audiens yang tepat untuk meningkatkan conversion rate dan mengoptimalkan ROI.
  5. Membuat Lookalike Audience: Menggunakan data yang dikumpulkan untuk membuat audiens yang mirip dengan audiens yang telah berinteraksi dengan iklan dan website.