Cara Menjadi Ahli Jasa SEO Artikel

Dengan semakin berkembangnya bisnis online, semakin besar peluang untuk bekerja di bidang yang berhubungan dengan internet. Salah satu profesi yang cukup banyak peluang adalah jasa SEO. Jasa SEO adalah jasa marketing atau pemasaran suatu situs. Tujuan utama penggunaan teknik SEO adalah meningkatkan jumlah pengunjung pada suatu situs. Peningkatan jumlah pengunjung diharapkan akan meningkatkan pendapatan usaha. Untuk menjadi ahli jasa SEO, ada beberapa cara yang dapat ditempuh antara lain sebagai berikut.

  1. Mempelajari Teknik SEO

Teknik SEO sangat penting bagi ahli jasa SEO. Ini adalah senjata yang digunakan untuk meningkatkan trafik pengunjung pada suatu situs. Hal paling sederhana adalah dengan mempelajari wording atau penyusunan kata. Penyusunan kata pada konten situs ternyata menentukan bagaimana mesin pencari lebih mudah mendeteksi sebuah situs. Contohnya dengan penggunaan kata kunci. Kata kunci yang biasa pengguna internet pakai bisa disisipkan agar mesin pencari mudah menemukan konten pada situs. Mulai dengan mendesain situs percobaan dan mengisi konten dengan kata kunci untuk belajar teknik awal SEO.

  1. Menulis dengan Tingkat Keterbacaan Tinggi

Selain dengan menggunakan kata kunci, ahli jasa SEO juga harus paham dengan konsep readability atau keterbacaan. Nilai keterbacaan tidak selalu menjamin konten akan mudah diakses. Akan tetapi dengan mempertimbangkan aspek ini, situs akan menjadi lebih profesional dan pengunjung lebih bisa menghargai isi situs atau mempertimbangkan membeli produk yang dijual. Aspek ini mengikuti judul yang singkat, padat dan komunikatif, penggunaan kata ganti orang yang profesional, dan juga penggunaan kalimat aktif yang lebih banyak.

  1. Mempelajari Teknik Blogging

Situs pemula seperti blog berbayar wordpress biasanya dilengkapi dengan Yoast dan ahli jasa SEO pemula bisa belajar teknik blogging SEO. Beberapa aspek blogging meliputi penyisipan link artikel berkaitan di satu situs. Link ini bertujuan agar pengunjung akan berada di situs dengan durasi yang lama seiring dengan topik-topik berkaitan yang dicari. Kemudian ada juga teknik penyusunan konten blog. Dalam suatu entri blog akan lebih baik apabila minimal ada satu subheading yang diikuti tidak lebih dari 300 kata. Kemudian, dua kalimat berturut-turut tidak di awali dengan kata yang sama dan masih banyak lagi trik lainnya.

  1. Mempelajari Teknik Merangkai Judul

Teknik merangkai judul sangat penting karena judul dari konten situslah yang pertama kali muncul di mesin pencari khususnya Google. Dengan begitu merangkai judul yang ramah SEO wajib dipelajari. Ada dua hal dasar yang pertama yaitu dengan menggunakan numerik seperti “10 Hotel Terbaik di Jakarta” dan yang kedua dengan menggunakan bait atau umpan yaitu dengan membuat judul yang sedikit bombastis seperti “Inilah Cara Cepat Sukses, Cara Terakhir Paling Ampuh” dan lain-lain. Selain itu ahli SEO lain menganjurkan untuk tidak banyak menggunakan kata depan pada judul.

  1. Mempelajari Pembuatan Situs

Yang terakhir dan yang paling sulit adalah pembuatan situs. Jasa SEO sebenarnya fokus dengan konten namun jasa SEO juga menawarkan situs dengan konten SEO. Oleh karena itu minimal mempelajari bagaimana menjalankan situs juga patut untuk para ahli jasa SEO fokuskan. Format paling mudah adalah dengan menggunakan format situs wordpress sebagai hosting dan domain bisa dengan domain berbayar. Mulailah dengan bereksperimen dengan situs pribadi dan apabila menghasilkan maka bisa melebarkan sayap dengan membuka jasa SEO untuk situs lain.

Itulah beberapa cara untuk menjadi ahli jasa SEO. Menjadi ahli SEO bisa menjadi profesi yang menguntungkan apabila telah memiliki jam kerja yang tinggi. Sekian artikel ini semoga bermanfaat.