SEO HACKS: Cara Mudah Masuk Halaman 1 Google [GRATIS]

Anda tentu ingin menjadi nomor satu di Google ketika ada orang yang mencari produk atau jasa yang anda jual di Google.

Nah, pada artikel ini saya akan membahas bagaimana caranya agar bisnis anda bisa menjadi nomor 1 di google untuk keywords/kata kunci apapun yang ingin anda jadikan sebagai nomor satu meskipun anda tidak punya website.

Bagaiamana caranya agar bisnis/produk/jasa anda bisa muncul di nomor satu?

Berikut ini langkah-langkahnya

1. Memilih keywords yang bagus

Apa itu keywords yang bagus?

keyword yang bagus adalah keyword yang banyak di cari orang di google dan apabila orang mencari keywords itu artinya mereka mau membeli produk anda.

Sebab percuma bila anda menjadi nomor 1 di google yang cari banyak tetapi tidak ada yang mau membeli produk atau jasa yang anda jual.

Contoh: anda adalah pemilik penyewaan mobil di jakarta.

Apa kata kunci yang ingin anda target?

[A] “Mobil”

[B] “Sewa Mobil”

[C] “Jasa Sewa Mobil”

[D] “Jasa Sewa Mobil Jakarta”

mana yang anda pilih A,B,C,D?

Kalau [A] terlalu luas – orang yang mencari kata kunci mobil belum tentu mau sewa mobil

Kalau [B] ini juga masil terlalu luas, karena bisa jadi orang tersebut belum benar benar butuh jasa sewa mobil hanya sekedar mencari informasi sewa mobil.

Kalau [C] masih sama dengan B terlalu luas, kecuali anda melayani seluruh indonesia

Kalau [D] ini yang menurut saya tepat, karena orang yang mencari jasa sewa mobil di jakarta pasti dia butuh mobil di jakarta yang bisa dia sewa.

Lalu bagaimana cara mengetahui apakah keyword “Jasa Sewa Mobil Jakarta” banyak dicari orang di google?

Caranya anda bisa menggunakan https://neilpatel.com/ubersuggest/  untuk mengetahui keywords itu dicari berapakali dalam sebulan di google.

Caranya masukan keywords pada kolom di web ubersuggest seperti berikut ini dan tekan tombol “LOOK UP”

Dan hasilnya ternyata yang mencari keywords “Jasa sewa mobil jakarta” hanya 70 kali dalam satu bulan.

Dan keywords yang paling banyak di cari berkaitan dengan keywords ini adalah “rental mobil jakarta” dan “sewa mobil jakarta

Artinya untuk penyedia jasa sewa mobil di jakarta, keywords yang bagus adalah sewa mobil jakarta (8100) atau rental mobil jakarta (9900)

dari hasil ini, saya akhirnya memilih keywords “sewa mobil jakarta” yang akan saya  gunakan untuk SEO lokal.

Sekarang Anda sudah tahu cara memilih keywords yang bagus,

selanjutnya Bagaimana caranya untuk menjadikan keywords “sewa mobil jakarta” menjadi nomor 1 di google.

Silakan Daftarkan Email* Anda untuk membaca artikel lengkapnya!

[*] Link artikel lengkap akan di kirim ke email anda!

Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Menulis artikel SEO Friendly bisa di bilang gampang-gampang susah 🙂

Karena anda harus menulis artikel untuk pembaca tetapi sekaligus mengoptimasi artikel untuk search engine. Lalu, bagaimana cara mudah untuk menulis artikel yang bisa menjawab dua point di atas? Caranya ialah kembali lagi ke Mindset awal SEOtujuanya adalah membuat konten yang bermanfaat bagi orang lain sehingga mereka dengan mudah bisa menemukan solusi di permasalah mereka.

Bagaimana Cara Menulis Artikel SEO Friendly agar bisa menjadi solusi bagi pengguna dan mudah masuk di halaman 1 Google?

  1. Melakukan Riset yang Mendalam
  2. Menyusun Kerangka Artikel dari Hasil Riset
  3. Memasukan Elemen On Page SEO
  4. The Express SEO
  5. Melakukan Publikasi Artikel

Melakukan Riset yang Mendalam

Agar bisa menjawab solusi dari permasalah yang di cari oleh pengguna di google anda sebagai penulis harus melakukan 3 tahapan riset yang mendalam.

1. RISET Keywords

Riset keywords bertujuan untuk mengetahui query mana saja yang sering di cari orang di Google terkait suatu topik tertentu. Anda bisa menggunakan tools seperti ubersuggest atau Google Keywords Planner untuk mengetahui query yang paling banyak di cari orang di google serta tingkat kesulitan optimasi keywords tersebut.

Contohnya pada artikel ini, misalnya topik yang ingin di bahas adalah artikel SEO.

Pada hasil di atas, yang berkaitan dengan artikel SEO adalah contoh artikel SEO, jasa penulisan artikel seo, artikel seo friendly. Sedangkan topik yang ingin saya bahas pada artikel ini adalah cara menulis artikel seo. Jadi saya harus melakukan cek ulang ke ubersuggest untuk keywords baru ini.

Nah, dari hasil ini mulai kelihatan 🙂

orang juga mencari panduan, cara menulis, cara membuat artikel yang seo friendly. langkah selanjutnya tentunya saya harus mecoba riset keywords sinonim lainnya dari menulis ke membuat.

Dari hasil ini lengkaplah sudah, proses riset keywords tentang topik artikel seo. Karena saya ingin menulis cara membuat artikel seo, maka keywords yang saya pilih untuk di optimasi pada artikel ini yaitu:

Artikel SEO – Short Tail 

Cara Menulis Artikel SEO – Long Tail Keywords

Cara Membuat Artikel SEO – Long Tail Keywords

2. RISET di Google/SERP

Pada riset yang kedua ini kita melakukan riset di google untuk mengetahui konten seperti apa saja yang mucul di Google ketika suatu keywords di cari orang. Silahkan lihat contoh hasil penelusuran dibawah ini!

Dari gambar di atas, bisa dlihat bahawa Google menampilkan artikel yang judulnya ada kata SEO friendly. Hasil riset ini menujukan Google memprioritaskan artikel yang juga membahas tentang SEO friendly, jadi meskipun keywords yang akan saya target cara menulis artikel SEO, saya tetap memasukan kata SEO friendly entah di judul atau meta dan konten saya. Hal ini saya lakukan agar google makin paham dengan artikel yang saya tulis.

3. RISET di web Kompetitor

Riset pada website kompetitor bertujuan untuk mengetahui topik-topik apa saja yang dibahas oleh komeptitor kita. Sehingga nantinya kita bisa melakukan modifikasi atau membuat artikel baru yang lebih bagus lagi dan lebih kaya lagi pembahasannya.

Menyusun Kerangka Artikel dari Hasil Riset

Setelah melakukan riset yang mendalam baik dari keywords, hasil tampilan di Google/SERP dan konten pada website kompetitor. Anda kemudian bisa membuat kerangka artikel atau draft artikel yang akan anda bahas atau tulis pada artikel anda. Sebagai contoh, anda bisa melihat draft artike saya dibawah ini ini!

Memasukan Elemen on Page SEO

Setelah kerangka artikelnya ada, anda bisa langsung menulis artikelnya. Jangan lupa untuk memasukan elemen on Page SEO pada artikel anda. Hal ini harus anda lakukan supaya google mudah memahamin artikel yang anda tulis itu membahas hal apa saja. Berikut ini elemen on page seo yang penting untuk anda masukan dalam artikel anda:

1. Judul Artikel

Buatlah judul yang menarik sehingga orang tertarik untuk membaca artikel anda. Anda bisa menggunakan Angka, tanda kurung, super words, dan lainnya. Pastikan juga anda memasukan keywords hasil riset anda pada judulnya ya!

2. Meta Description

Meta SEO sangat penting untuk membuat orang makin tertarik dengan isi artikel. Anda juga bisa meletakkan keyword-keyword pendukung yang akan anda target masuk halaman 1 juga. Contohnya pada artikel ini, saya menuliskan cara membuat artikel seo, pada meta SEO-nya.

3. Headline (H1, H2, H3)

Satu lagi agar artikel anda mudah dipahami anda bisa menambahkan elemen H1-H6 Pada sub judul artikel yang anda tulis.

4. Link (External & Internal)

Supaya artikel yang anda tulis bounce ratenya rendah dan memilik power yang bagus. Anda bisa menambahkan links internal ke artikel lain yang terkait atau link external ke sumber yang terpercaya.

5. Optimasi Gambar

Gunakan gambar yang sudah di kompres dengan menggukan tools seperti shortpixel, tinyjpg dan lainnya agar tidak memberkatkan website. Pastikan juga untuk menambahkan alt image, sehingga apabila gambarnya tidak mucul atau error deskripsi gambar tersebut bisa terbaca jelas oleh orang. Selain itu, ini juga bisa membantu Google memahami gambar yang ada pada artikel anda.

The Express SEO

Teknik ini adalah cara mudah agar website bisa masuk halaman 1 Google dalam hitungan menit saja. Maaf selama proses nanti akan di SENSOR. Anda bisa membeli materi lengkap the express seo di studikasusseo.com

 

Publikasi Artikel

Agar artikel yang anda tulis bisa diketahui oleh google, anda bisa meminta index ke google melalui Google search console.  Namun bila anda mau artikel anda menjadi viral, anda bisa membagikannya ke social media juga 🙂

Semoga artikel ini bermanfaat!

 

Jasa Konsultan ISO untuk Kesuksesan Perusahaan Anda

Artikel ini di Sponsori Oleh: Hera Tri Utomo – Marketing Konsultan ISO Sigma Consulting. Bila Anda membutuhkan Jasa Konsultan ISO Silahkan Hubungi Beliau di 081211620869 hubungi via WA Klik disini!

Konsultan ISO untuk apa? Pertanyaan ini sering diutarakan oleh berbagai perusahaan yang belum menyadari pentingnya menyewa jasa konsultan ISO untuk memperoleh sertifikasi manajemen mutu yang bergengsi ini.

Padahal, seorang konsultan ISO akan memudahkan perjalanan perusahaan untuk menjaga mutu dan memberikan yang terbaik untuk konsumennya.

Meski begitu, memilih konsultan ISO yang berkualitas bukan suatu tugas yang mudah. Pentingnya mengambil pilihan dan keputusan yang bijak, baik itu lewat pemegang kuasa atau bahkan pemilik perusahaan, akan mempengaruhi efisiensi dan efektivitas proses bisnis di perusahaan Anda.

Pernahkah Anda mempertimbangkan untuk menggunakan jasa konsultan ISO?

Konsultan ISO tidak hanya membantu perusahaan Anda untuk lebih cepat memperoleh sertifikasi, tetapi juga memangkas waktu yang Anda buang untuk mempelajari hal-hal detail yang mungkin belum Anda kuasai!

Lalu, bagaimana cara memilih jasa konsultan ISO yang profesional?

  1. Skill yang relevan

Mengubah system manajemen tidak dapat dilakukan dalam satu hari. Untuk itulah konsultan ISO perlu memiliki kemampuan dalam memberikan nasihat, konsultasi serta mengimplementasikan teori yang ia kuasai.

  1. Track record

Konsultan ISO yang berpengalaman menjadi pertimbangan penting. Konsultan ISO yang profesional umumnya telah memiliki track record selama beberapa tahun serta memiliki prestasi dalam membawa perusahaan memperoleh sertifikat ISO.

  1. Harga dan jangka waktu

Lama tidaknya seorang konsultan ISO bekerja di perusahaan Anda bergantung dari skala perusahaan tersebut. Semakin besar dan kompleks sebuah perusahaan, dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengimplementasikan ISO, training karyawan dari nol, hingga menyelesaikan seluruh prosesnya dengan baik.

Konsultan ISO akan mempersingkat waktu Anda dalam memperoleh sertifikasi

Tidak peduli besar atau kecilnya sebuah perusahaan – pastinya kualitas menjadi hal yang utama dalam memberikan produk atau jasa kepada konsumen. Maka tidak heran jika kehadiran seorang konsultan ISO yang ahli dalam bidangnya – sangat dibutuhkan demi memperbaiki standar manajemennya sesuai standar mutu internasional.

Apa yang akan Anda dapatkan setelah memakai jasa konsultan ISO saya?

  • Bisnis Anda menjadi kompetitif dan punya kemampuan bersaing yang tinggi
  • Perusahaan memiliki standar yang konsisten dalam bekerja sehingga produktivitas karyawan pun meningkat
  • Sistem manajemen mutu yang terintegrasi di setiap bagian perusahaan.
  • Perusahaan mampu menghasilkan produk/jasa dengan cara yang lebih efektif dan efisien karena memiliki acuan yang terstruktur
  • Menjadi perusahaan yang terpercaya, yang memberikan hasil di atas ekspektasi
  • Meningkatkan kepuasan konsumen yang akhirnya meningkatkan profit

Jasa konsultan ISO saya

Beberapa perusahaan sudah memiliki policy yang hanya butuh ditingkatkan lagi untuk memperoleh sertifikasi ISO. Hal inilah yang membuat rumit karena Anda mungkin ragu untuk menghilangkan atau menambahkan policy yang sudah ada dan apa efeknya pada perusahaan.

Untuk itulah saya sebagai konsultan ISO, akan membantu Anda dan pemegang kebijakan perusahaan Anda, untuk lebih percaya diri dalam menyusun kebijakan-kebijakan sesuai standar ISO, sambil menimbang berbagai faktor yang mungkin terjadi.

Bagaimana konsultan ISO bekerja untuk dapat membantu perusahaan Anda?

  • Membantu meningkatkan konsistensi kualitas

Apakah kualitas yang naik turun menjadi penyebab konsumen Anda kabur? Salah satu cara ampuh untuk memperoleh kepercayaan konsumen adalah dengan memberikan kualitas produk/jasa yang konsisten dan memiliki standar tinggi.

  • Membantu mendesain sistem manajemen mutu (QMS)

Anda akan memperoleh desain QMS yang sesuai dengan prinsip-prinsip bisnis Anda dan kondisi perusahaan saat ini.

  • Membantu menekan jumlah keluhan konsumen menurun

Karena standar ISO yang diterapkan dari hulu ke hilir, sistem operasional perusahaan Anda akan berjalan sesuai SOP sehingga mengurangi permasalahan produksi yang kerap terjadi.

  • Membantu mencapai goal perusahaan

Bekerja dengan berbagai perusahaan membuat saya menyadari bahwa setiap bisnis memiliki keunikan tersendiri terlepas dari industry yang digeluti. Anda dapat menyesuaikan visi misi perusahaan Anda dengan kebijakan yang sesuai dan selaras dengan tujuan perusahaan.

  • Membantu memperoleh investasi jangka panjang

Memakai jasa konsultan ISO tak hanya mengembangkan manajemen dan fasilitas perusahaan Anda saja, tetapi Anda akan melihat upgrade yang nyata dan permanen setelah mengimplementasikannya. Bisnis Anda dapat melakukan ekspansi dengan mudah karena memakai standar internasional yang telah diakui dunia.

Sebagai konsultan ISO, saya akan membagikan pengalaman saya serta memberikan tips dan trik untuk meningkatkan proses kinerja karyawan Anda serta bagaimana bisnis Anda dapat bekerja sesuai standar ISO!

Bagaimana kita bisa memulai konsultasi ISO agar perusahaan Anda dapat secepatnya memperoleh sertifikasi?

Sebelum saya membahas tentang proses kerja konsultan ISO, ada 7 fase ISO yang harus dilalui untuk memperoleh sertifikasi bergengsi ini.

  1. Executive and Management Overview / Planning
  2. Gap Assessment and Planning
  3. Documentation
  4. Implementation and Training
  5. Internal Assessment and Management Review
  6. 3rd Party Registration Assessment
  7. Sustain and Continual Improvement

Dengan pengalaman dan profesi saya sebagai konsultan ISO, saya akan memulai konsultasi dengan Anda melalui tahapan-tahapan efektif berikut:

  1. Identifikasi masalah

Pada tahap awal, kita akan berdiskusi mengenai akar permasalahan di dalam perusahaan Anda – mulai dari proses produksi, biaya operasional hingga ROI. Mudah sekali mengidentifikasi masalah pada perusahaan. Apa yang ´Seharusnya´ dilakukan tapi tidak dilakukan. Apa yang ´Seharusnya´ terjadi, tapi tidak terjadi.

  1. Mengubah/mengembangkan sistem manajemen

Melakukan koreksi terhadap system yang tidak berjalan dengan baik dan membenahi sebagai bentuk solusi dari masalah yang ada.

  1. Training dan pelatihan ISO

Untuk memastikan bahwa perusahaan beserta seluruh karyawan memahami persyaratan ISO, diperlukan training dan pelatihan sesuai dengan panduan manajemen mutu agar memperoleh temuan bermanfaat untuk perkembangan perusahaan.

  1. Rapat tinjauan manajemen

Pertemuan periodik yang membahas system manajemen mutu perusahaan. Disinilah Anda akan memperoleh feedback, baik dari konsultan maupun dari anggota-anggota manajemen, membahas temuan-temuan dan memastikan persyaratan ISO terpenuhi.

  1. Pendampingan saat audit

Saat tiba waktunya perusahaan akan diaudit sertifikasi ISO, konsultan akan membantu persiapan akhir dan mendampingi proses hingga selesai. Kemudian melakukan perbaikan yang dibutuhkan.

Ijinkan saya sebagai konsultan ISO berpengalaman, membantu Anda untuk menguak potensi perusahaan Anda serta mengimplementasikan standar internasional di setiap bagian perusahaan Anda!

Artikel ini di Sponsori Oleh: Hera Tri Utomo – Marketing Konsultan ISO Sigma Consulting. Bila Anda membutuhkan Jasa Konsultan ISO Silahkan Hubungi Beliau di 081211620869 hubungi via WA Klik disini!

Pakar SEO Jakarta – Cuma 5 Menit Masuk Halaman 1 Google

Halo teman-teman semua,

pada artikel ini saya Elmail Clinton sebagai salah satu pakar seo Jakarta

Ingin membagikan teknik seo terbaru yang belum banyak dipraktekkan di indonesia

Apa itu teknik SEO-nya?

 

Namanya adalah The Express SEO

atau cara mudah masuk di halaman pertama Google dalam waktu cepat.

Apakah anda sedang mencari pakar seo di jakarta?

Bila iya, anda sedang berada di tempat yang tepat.

Karena saya baru saja meluncurkan layanan pakar seo jakarta khusus untuk anda yang punya bisnis di Jakarta atau yang bisnisnya menargetkan orang yang ada di DKI Jakarta.

Berikut ini syarat yang harus anda penuhi bila ingin membeli layanan SEO ini.

Keywords harus mengandung kata “Jakarta” atau Nama2 wilayah di Jakarta contohnya “Semanggi, Tebet Cawang dll”

Website anda sudah berumur lebih dari satu tahun

Bersedia membayar biaya layanan Pakar SEO Jakarta

Apa saja yang akan anda dapatkan bila membeli paket SEO jakarta ini?

Website Struktur Setup

Kami akan melakukan setup website anda agar sesuai dengan kaidah SEO dan memudahkan Google untuk melakukan crawling dan mengindex website anda.

Pengerjaan pada poin ini meliputi:

Desain ulang website bila dibutuhkan

Pengaturan ulang menu & internal links

Update Sitemap

Mengumpulkan aset website (konten, foto, video)

Analytics Setup

Kami juga akan melakukan analytics setup, sehingga anda bisa dengan mudah menganalisa kinerja website anda apakah semakin baik atau semakin buruk ketika dilakukan proses optimasi SEO.

Pengerjaan pada poin ini meliputi:

Memasang Google Analytics

Memasang Google Search Console

Memasang Facebook Pixel

Pemasangan Conversion Tag

Kompetitor Research

pakar seo Jakarta off page

Saya dan tim saya akan melakukan kompetitor research untuk mengetahui strategi apa yang digunakan oleh kompetitor anda dalam melakukan SEO.

Pengerjaan pada poin ini meliputi:

Keywords benchmarking

On Page SEO benchmarking

Off Page SEO benchmarking

Keywords Research

pakar seo Jakarta keywords research

Saya dan tim saya akan melakukan keywords research atau mencari keywords yang benar-benar bagus untuk bisnis anda. Pada tahap ini kami akan memilih keywords yang bukan hanya mendatangkan banyak traffic ke website anda tetapi juga mendatangkan banyak sales atau pembeli hehe…

Pengerjaan pada poin ini meliputi:

Informational Keywords

Viral konten keywords

Buying keywords

Optimasi On Page SEO

Pada tahap ini kami akan membuat sebuah SOP (standard operating procedure) optimasi halaman website anda sehingga nantinya anda atau tim anda saat melakukan update website bisa dengan mudah mengikuti SOP ini. SOP ini berisi tips & trik supaya optimasi SEO on page website anda maksimal

Optimasi Off Page SEO

Tim kami akan melakukan optimasi off page SEO atau kami akan memberikan link berkualitas yang menuju ke website anda sehingga website anda bisa baik reputasinya di mata Google. Pada tahap ini kami akan membuat backlink atau membeli backlinks berkualitas dari partner kami yang terpercaya

Reporting

Report - pakar seo Jakarta

Selain melakukan proses SEO, kami juga akan memberikan laporan terperinci mengenai posisi keywords yang sedang di optimasi, jumlah visitor, jumlah backlinks dan jumlah leads.

Ini adalah contoh laporan posisi kata kunci dari website yang sedang kami optimasi “Jasa SEO

Kenapa anda harus menggunakan Jasa Pakar SEO Jakarta ini?

Elmail Clinton adalah salah satu expert SEO di Jakarta yang secara langsung akan memantau proses optimasi website anda. Salah satu kelebihan kami dibandingkan dengan pakar SEO lain adalah proses optimasi SEO yang cepat dan laporan SEO kami bisa anda akses real-time. Kami juga tidak hanya melakukan optimasi pada keywords yang anda minta, tetapi kami melakukan optimasi secara menyeluruh sehingga hasil optimasi SEO-nya lebih maksimal.

Tunggu apa lagi? bila anda butuh layanan SEO di jakarta ini, silahkan kirimkan email ke saya@elmailclinton.com dengan format berikut ini:

Judul : Pakar SEO Jakarta

Isi pesan:

Nama Anda:

Website Anda:

Keywords yang ingin anda target:

Budget SEO per bulan anda:

Saya tunggu email dari anda!

Salam,

Elmail Clinton

Pakar SEO Jakarta - SEOcon 2019

Kursus SEO bersama Elmail Clinton

Selain sebagai media informasi dan berinteraksi dengan banyak orang dari seluruh dunia, internet juga menjadi lahan untuk mencari pundi-pundi rupiah. Tidak heran jika saat ini, ada banyak sekali peluang untuk mendapatkan keuntungan dari situs atau media sosial yang dimiliki.

Meskipun kelihatannya mudah, ternyata mencari uang dari internet tidak semulus yang dibayangkan. Dibutuhkan strategi, tips, dan trik khusus. Salah satu yang belakangan sering dilakukan para pelaku usaha di internet adalah optimasi SEO melalui kursus SEO.

kursus seo

Apa itu SEO?

SEO atau Search Engine Optimization merupakan konsep pemasaran online yang populer dalam dunia digital marketing. Konsep ini memiliki strategi khusus untuk membuat sebuah situs atau website memiliki ranking terbaik pada setiap mesin pencari tanpa harus mengeluarkan biaya untuk iklan.

Sederhananya, alamat situs Anda akan muncul di halaman pertama Google secara gratis. Lalu, mengapa hal ini penting?

Sama seperti usaha konvensional, di dunia digital seperti internet jumlah pengunjung merupakan faktor penentu apakah sebuah website mampu mendatangkan keuntungan atau tidak. Untuk mendapatkan pengunjung, Anda membutuhkan bantuan mesin pencari seperti Google.

Karena jika website belum terkenal, pengunjung akan mengetahui alamat situs dari mesin pencari. Biasanya, saat melakukan pencarian menggunakan Google orang hanya akan fokus ke halaman pertama mesin pencarian tersebut.

Meskipun kelihatannya mudah, muncul di halaman pertama Google ternyata bukanlah hal yang bisa dilakukan semua situs. Apalagi setiap tahun, jumlah website yang beredar di internet semakin bertambah. Jika tidak melakukan strategi marketing tertentu, situs yang dimiliki akan tenggelam di antara ratusan ribu situs lainnya.

Google sendiri menggunakan beberapa sistem algoritma untuk menentukan situs mana saja yang layak untu masuk pada halaman pertama. Algoritma yang digunakan biasanya akan menyeleksi situs-situs yang ada berdasarkan kualitas konten, predikat, hingga lokasi pengunjung saat melakukan pencarian menggunakan mesin pencari.

Jadi tidak sembarang situs bisa terpampang di halaman pertama Google. Untuk meningkatkan kualitas mesin pencarian mereka, pihak Google memiliki beberapa algoritma sebagai pedoman yang setiap tahun diperbaiki kualitasnya.

Pada dasarnya, setiap algoritma Google ini memiliki konsep yang sama, yaitu menyeleksi kualitas sebuah situs. Hal ini dilakukan agar setiap situs yang ditampilkan di halaman pertama Google sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan oleh pengunjung.

Dari sinilah konsep strategi digital marketing seperti SEO muncul. Dengan berfokus pada algoritma Google yang beredar, strategi pemasaran online berusaha mengoptimasi kualitas sebuah website agar bisa muncul di halaman pertama Google. Berdasarkan algoritma tersebut, SEO memiliki teori khusus yang disebut A=R+T.

Artinya, untuk mendapatkan Authority (kepercayaan dari Google), sebuah situs harus memiliki kualitas berupa R (relevansi) dan T (tepercaya). Untuk mencapai hal tersebut, SEO memiliki beberapa strategi yang harus dilakukan oleh pemilik website, yaitu:

  • Keywords Research
  • SEO on Page
  • dan SEO off Page

Untuk lebih memahami ketiga konsep di atas, mari kita kupas dan bahas secara lebih detail.

Keyword Research

kursus seo keywords reserach

Keyword atau kata kunci merupakan salah satu faktor penentu kualitas sebuah website agar dapat masuk ke halaman pertama Google. Karena saat ingin mencari sesuatu di mesin pencari, seseorang pasti akan memasukkan frasa atau kata tertentu agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

Misalnya, Adi ingin mencari informasi tentang restoran murah di Kota Malang. Maka saat membuka Google, Andi akan memasukkan kalimat “restoran murah di Malang” atau “daftar tempat makan murah di Malang.” Kalimat yang digunakan Adi inilah yang kita sebut sebagai keyword dan dimanfaatkan untuk mengoptimasi situs.

Inilah mengapa, keyword research menjadi salah satu konsep SEO yang sering diajarkan pada kursus online. Secara sederhana, keyword research berarti memasukkan kata kunci tertentu ke dalam konten sebuah website agar orang bisa menemukan situs kita dengan mudah melalui mesin pencari.

Untuk memasukkan kata kunci ke dalam konten websitepun tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Tidak semua kata bisa dimasukkan hanya agar situs yang dimiliki masuk ke halaman pertama Google. Relevansi tetap menjadi pedoman utama untuk melakukan keyword research.

Untuk mendapatkan kata kunci yang tepat dan relevan, kita harus memetakan target pasar terlebih dahulu. Gunakan penelitian sederhana untuk memperkirakan target pengunjung website yang diharapkan, buatlah daftar rincian seperti, jenis kelamin, umur, dan minat.

Selanjutnya, lakukan penelitian tentang apa saja kata kunci populer dan berkaitan dengan produk yang kita jual. Untuk mencari kata kunci yang paling banyak dicari orang tersebut, Anda bisa menggunakan aplikasi dari Google bernama Google Keyword Planner.

Biasanya aplikasi tersebut akan memaparkan mana saja kata kunci populer dan seberapa banyak orang yang memanfaatkan Google untuk mencari kata tersebut. Semakin banyak, berarti peluang kata kunci tersebut untuk kita gunakan semakin besar.

Jika sudah tahu mana kata kuci yang populer dan relevan, Anda bisa menggunakannya untuk menyusun sebuah konten pada website. Tapi berhati-hatilah, meskipun penggunaan Google Keyword Planner dapat membantu Anda menemukan keyword pupuler tapi aplikasi ini tidak menjamin website kita akan bertengger di halaman pertama.

Karena kembali lagi, mesin pencarian seperti Google memiliki algoritma yang mencegah website dengan keyword berlebihan masuk ke halaman pertama. Google akan menganggap website tersebut sebagai spammer yang hanya mengejar pengunjung menggunakan keyword tanpa memerdulikan kualitas konten.

SEO on Page

kursus SEO on page

Jika keyword research membantu mengoptimalkan SEO sebuah website melalui isi dan kata kunci yang digunakan, maka SEO on page merupakan upaya yang dilakukan pemilik website untuk mendapatkan ranking tinggi pada mesin pencari dengan mengoptimalkan performa sebuah website melalui bagian atau struktur halamannya sendiri.

Secara sederhana, SEO on page akan mengoptimasi website dengan tujuan:

  • Memiliki manfaat tinggi bagi pengunjung
  • Memudahkan pengunjung saat ingin mengeksplorasi website
  • Membuat pengunjung betah berlama-lama
  • dan memudahkan mesin pencari untuk mengategorikan website

Dari tujuan di atas dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya, materi otimasi SEO online dalam hal on page meliputi beberapa hal, yaitu:

  1. Konten

Konten merupakan komponen utama dalam sebuah website. Jadi secara teori, optimasi SEO on page bisa dilakukan dengan cara membuat konten yang berkualitas. Setidaknya ada beberapa hal yang bisa dijadikan dasar baik tidaknya kualitas sebuah konten, di antaranya:

  • Bermanfaat
  • Unik
  • Menarik
  • dan mampu memberikan solusi

Jadi untuk mendapatkan peringkat yang tinggi pada sebuah mesin pencari,maka konten yang dimiliki harus memiliki 4 kualitas di atas.

  1. Judul yang mengandung click bait

Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan judul yang “provokatif” dan mengundang keingintahuan pengunjung untuk meng-klik website kita. Judul yang baik dan mampu bertengger di halaman pertama Google biasanya tidak hanya menarik, tetapi juga mengandung keyword populer.

Di sinilah ilmu yang kita terima pada kursus SEO online tentang keyword research bisa diterapkan. Salah satu contoh judul menarik dan mengandung click bait adalah, “Ini 5 Restoran Populer di Malang, Nonor 5 Membuat Tercengang!”

  1. URL singkat dan deskriptif

Meskipun mungkin pengaruhnya tidak terlalu besar, tetapi keberadaan URL yang singkat, deskriptif, dan mengandung keyword dapat membantu memengaruhi peringkat website di mesin pencari. Contoh URL yang tepat dan mengandung SEO on page adalah, “domain.com/restoran-populer-di-Malang” untuk konten tentang tempat makan di Malang.

  1. Memiliki gambar berkualitas tinggi

Selain menjadi pemanis, gambar pada sebuah website ternyata juga memiliki kemampuan untuk mengoptimasi. Caranya cukup mudah, gunakan gambar berkualitas tinggi yang isinya cukup relevan dengan isi dan tujuan pada sebuah konten.

  1. Mengandung Internal dan outbound link

Untuk membuat reputasi website di hadapan Google baik, Anda bisa mengoptimasi website dengan cara menyematkan internal dan outbound link. Internal link merupakan tautan pada sebuah konten yang dipasang untuk memudahkan pengunjung berpindah ke bagian lain website tanpa harus keluar.

Sedangkan outbound link merupakan tautan ke website lain yang memiliki reputasi bagus seperti Wikipedia. Tautan ini akan membuat Google memiliki kepercayaan terhadap website Anda dan kemungkinan bertengger di halaman pertama mesin pencari pun lebih besar.

Amalogikan konsep outbound link seperti buku nonfiksi. Jika buku tersebut tidak memiliki sumber atau daftar pustaka yang tepercaya, pembaca pasti akan meragukan isinya. Begitu pula dengan website.

SEO off Page

kursus seo off page

Dalam materi SEO online, konsep off page mengacu pada optimasi faktor yang tidak berhubungan dengan halaman website. Konsep ini berbanding terbalik dengan SEO on page yang berusaha meningkatkan performa website melalui bagian-bagian sebuah website itu sendiri.

Jika disederhanakan, SEO off page berarti mengoptimasikan sebuah website dengan dukungan dari website lainnya. Dalam dunia perdagangan konvensional, hal ini mirip dengan promosi dari mulut ke mulut. Seringkali kita meminta pendapat orang lain saat ingin membeli sesuatu kan? Konsep inilah yang dijadikan dasar materi SEO off page.

Jadi untuk meningkatkan angka pengunjung, kita harus bekerja sama dengan website lain sehingga Google bisa memberikan reputasi yang baik. Lalu, bagaimana caranya?

  1. Link building

Saat membuat sebuah konten, pastikan untuk menyematkan external link yang bisa dibagikan pemilik website lain untuk membuat backlink ke situs Anda. Mudah bukan? Bagian yang sulita adalah, bagaimana caranya membuat pemilik website lain tertarik untuk membagikan tautan ke konten kita melalui backlink.

Cara satu-satunya tentu saja adalah dengan membuat konten yang berkualitas. Kualitas ini tidak hanya dinilai dari isi, tetapi juga kemampuan kita untuk mengoptimasi konten. Untuk hal ini, Anda bisa melihat kembali materi keyword reasearch dan SEO on page.

Cara lain yang juga bisa dilakukan adalah dengan membuat postingan yang mencantumkan alamat website di blog atau situs orang lain. Tapi cara ini tidak bisa dilakukan setiap saat karena Google akan membaca upaya tersebut sebagai spammer yang dapat membuat website terkena penalti.

  1. Media sosial

Saat ini hampir semua orang memiliki akun media sosial. Tidak heran jika untuk mengoptimasi suatu website, media sosial merupakan sarana yang tepat dan mampu meningkatkan traffic secara signifikan. Oleh karena itu, jangan pernah ragu jika ingin mempromosikan website melalui akun media sosial. Karena semakin banyak orang yang mengunjungi website Anda, semakin besar pula kesempatan untuk bertengger di halaman pertama Google.

  1. Local SEO

Local SEO merupakan upaya optimasi website berdasarkan lokasi pengguna. Keberadaan local SEO sendiri dipengaruhi oleh peningkatan jumlah pengguna smartphone dan kualitas akses internet yang semakin baik. Untuk memanfaatkannya, Anda bisa menggunakan alat seperti Google Places for Business Page.

Dengan alat tersebut, Anda bisa mengoptimalkan performa website menggunakan local SEO sehingga kesempatan untuk mendapatkan pengunjung pun bisa meningkat.

Mengapa harus kursus SEO dengan Elmail Clinton?

Setelah membahas tentang strategi SEO di atas, selanjutnya mari kita bahas tentang pentingnya mengikuti kursus SEO dan manfaat yang bisa didapatkan.

Berada di halaman pertama Google memang impian setiap pemilik website, karena itulah dibutuhkan pengetahuan dan kemampuan yang tepat untuk mengelola sebuah situs.

Selain pengetahuan dan kemampuan, dibutuhkan pula ilmu tambahan tentang SEO. Mengapa hal ini penting? Karena dengan mengikuti pembelajaran tentang SEO secara online, Anda tidak hanya dapat mengoptimasi performa website secara maksimal tetapi juga mengurangi biaya operasional untuk membayar iklan.

Jadi dengan hanya menggunakan sumber daya yang ada, Anda bisa memiliki kesempatan yang sama dengan para pemasang iklan untuk bertengger di halaman pertama Google. Menarik bukan?

Melihat hal ini, kami berusaha menghadirkan materi pembelajaran tentang SEO yang menarik dan mudah dimengerti. Lalu, apa saja kelebihan belajar materi SEO bersama Elmail Clinton?

1. Mudah dipahami

Bahasa yang kami gunakan dikemas dengan bahasa sederhana sehingga dimengerti oleh semua orang, termasuk orang awam yang sama sekali tidak memiliki akses terhadap segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi. Jadi kursus kami bisa diikuti oleh semua kalangan.

2. Studi Kasus

Selain mudah, materi kami juga dikemal dalam sebuah studi kasus sehingga peserta memahami setiap proses optimasi website mulai dari keyword researh, SEO on page, hingga SEO off page.

3. Disediakan to do list 

Sesaat setelah menyelesaikan kursus biasanya orang bingung mau memulai dari mana. Untuk membantu Anda, kami akan menyiapkan to do list yang dapat membantu optimasi website secara bertahap dan runut. Anda hanya perlu mengikuti to do list tersebut untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, yaitu website bisa masuk ke halaman pertama Google.

Selain kelebihan di atas, dengan mengikuti kursus dari Elmail Clinton Anda juga akan mendapatkan materi tentang panduan SEO untuk pemula. Panduan ini akan membantu Anda memahami konsep optimasi website dengan mudah karena disajikan dalam bentuk audio yang mudah diakses melalui Youtube.

Pada dasarnya yang menentukan berhasil tidaknya sebuah website bertengger di halaman pertama bukan hanya SEO, tetapi kemauan kita untuk senantiasa mempelajari hal baru dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk melakukan pemesanan dan pembelian studi kasus SEO melalui Elmail Clinton dan menghemat biaya marketing online hingga 89%.

Mau Kursus SEO bersama Elmail Clinton? KLIK DISINI

 

Kenapa Website Anda Tidak Mengasilkan Penjualan

Anda mungkin sudah punya website bisnis atau toko online, tetapi kenapa website anda itu tidak menghasilkan penjualan atau tidak ada orang yang membeli produk atau jasa anda melalui website.

Pada dasarnya ada dua alasan utama kenapa website anda tidak menghasilkan penjualan.

PERTAMA: TRAFFIC (Pengunjung)

Bagaimana bisa ada penjualan dari website anda, kalau website anda tidak punya pengunjung. Jadi yang harus anda lakukan adalah mendatangkan pengujung ke website anda. Pastikan juga pengujung yang datang ke website anda adalah pengujung yang tepat.

Contohnya, Anda punya website Travel Haji & Umroh. Pastikan orang yang datang ke website anda benar-benar mencari jasa umroh.

KEDUA: CONVERSION (Konversi)

Anda sudah punya website dan banyak pengunjung yang tepat, tetapi penjualan anda belum juga naik. Anda harus memperhatikan faktor konversi atau mengubah pengunjung website anda menjadi pembeli produk/jasa anda. Bagaimana caranya mengubah pengujung menjadi pembeli, pastikan anda punya penawaran yang sulit di tolak. Misalnya, GRATIS ongkos kirim ke seluruh Indonesia atau diskon 9% untuk pembelian di bulan september. Bila anda melakukan kedua hal di atas, pastinya website anda bisa menghasilkan penjualan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda!

 

Cara saya Mendapatkan Sales/Klien dengan Facebook Ads

Mendapatkan klien/sales untuk produk B2B atau produk dengan harga yang mahal memang sedikit sulit bila anda menggunakan facebook ads sebagai media promosi.

Pada artikel ini saya akan membuka sedikit rahasia dapur saya, bagaimana cara saya mendapatkan klien untuk “Jasa Google Ads” saya dengan menggunakan facebook ads.

Target market untuk jasa google ads saya kali ini adalah sales mobil yang ingin mendapatkan calon pelanggan baru dari Google.

Langkah pertama

Mengumpulkan data nomor telepon sales mobil yang ada di google atau di situs pasang iklan mobil sepert OLX, Rajamobiil dll.  Biasanya saya mengumpulkan 100 data orang-orang yang akan menjadi target market saya.

Langkah kedua

Upload data sales mobil yang sudah dikumpulkan pada facebook custom audience. Facebook custom audience adalah salah satu fitur di facebook ads yang memungkinkan anda mengupload data dan facebook akan mencocokan data itu dengan data yang ada di facebook. Contoh bila saya mengupload nomor telepon saya, nantinya facebook akan memasukan saya menjadi custom audiens.

Biasanya 50% data nomor telepon terkonversi menjadi custom audience, artinya ada sekitar 50 sales mobil yang siap menjadi target iklan saya.

Langkah ketiga

Membuat iklan dengan target audiensnya “SALES MOBIL” dengan cara ini, iklan yang anda buat bisa menarget orang dengan sangat tepat sesuai dengan keinginan anda. Contohnya pada kasus ini, iklan saya benar-benar di lihat oleh sales mobil.

Karena audiensnya sudah sangat tertarget, saya bisa membuat penawaran atau kalimat iklan yang lebih spesifik lagi.

Hasil studi kasus ini:

Terjual 1 paket uji coba 10 hari Rp750.000 dan profit Rp250.000

Biaya Facebook Ads yang di keluarkan Rp56.300

Profit Bersih = 250.000 – 56.300 = Rp193.700 

Lama waktu pengerjaan 2,5 jam mengumpulkan data & 30 menit membuat iklan facebook ads, total waktu kerja 3 jam atau Rp64.500 per jam

ROAS (Return on Ad Spend) = 11.48

Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat untuk anda.

Anda juga bisa menerapkan ide ini untuk mendapatkan pelanggan potensial pada bisnis anda.

Bila butuh bantuan strategi digital marketing, silakan konsultasi GRATIS KLIK DI SINI. 

3 Alasan Kenapa Facebook Ads Anda Rugi [ INI SOLUSINYA ]

Facebook saat ini memang sedang menjadi primadona sebagai tempat untuk mempromosikan produk atau bisnis. Mulai dari pedangang kaki lima hingga hotel bintang lima, sudah memanfaatkan facebook ads sebagai media promosi.

Hanya saja sebagian besar pengiklan di facebook melakukan

3 Kesalahan fatal sehingga iklan yang dibuat tidak menghasilkan sales/leads yang maksimal (BONCOS)

Jadi, Bagaimana caranya agar iklan yang anda buat tidak MERUGI?

Jangan Lakukan 3 Kesalahan ini 🙂

#KesalahanPERTAMA – Salah Target Audiens

Kesalahan dalam menentukan target audiens adalah salah satu penyebab utama iklan anda boncos. Jadi, pastikan sebelum membuat iklan anda sudah paham betul siapa target audiens anda.

Contohnya Produk anda adalah Sepatu Pria dan ciri-ciri orang yang akan membeli sepatu anda seperti berikut ini:

  • Usia : 20 – 35
  • Jenis Kelamin : Laki-laki
  • Tempat Tinggal : Kota-kota besar (Jabodetabek, Bandung, Medan dll)
  • Pekerjaan : Pegawai BUMN, PNS, Pengusaha, Pegawai Swasta
  • Menggunakan Smartphone : Samasung Galaxy 3++ , iPhone 4++
  • Pernah Belanja Online
  • Menggunakan Media Sosial : Facebook, Twitter, Instagram dll.

Langkah selanjutnya adalah

memasukan kriteria di atas pada target iklan anda di facebook seperti berikut ini!

Usia, Jenis Kelamin, Tempat Tinggal

Pekerja, Menggunakan Smartphone

Bagian lain yang tak kalah penting dan sebagian besar orang melakukan kesalahan adalah salah dalam menentukan target interest atau minat dari calon pelanggan anda!

Misalnya Interest yang saya pilih adalah Brodo Footwear karena harga produk dan kualitas produk saya sama dengan BRODO.

Tetapi sebelum beriklan saya harus pastikan apakah interestBrodo Footwear” ini benar-benar target audiens saya.

Bagaiamana cara mengetahui apakah sebuah interest benar/cocok untuk dijadikan target?

Anda bisa menggunakan Facebook Audience Insight untuk mengetahui hal itu, berikut ini langkah-langkahnya!

Silakan kunjungi https://web.facebook.com/ads/audience-insights/

Masukan negaranya Indonesia & interestnya Brodo Footwear

Kemudian klik bagian “Page Likes” untuk mengetahui orang yang interestnya BRODO Footwear itu menyukai halaman apa saja?

Dan hasilnya

Dari hasilnya dapat dilihat, bahwa interets ini benar-benar mirip dengan orang yang menyukai brodo. Bahkan interest ini juga terdapat orang yang menyukai brand sepatu lain seperti GEOFF MAX dan EIGER yang memiliki kemiripan dengan Brodo.

Dalam kasus ini, interst “BORDO Footwear” sangat cocok dengan produk sepatu yang ingin saya tawarkan. Jadi kecil kemungkinan untuk boncos (Target Audiens saya sudah benar)

Sekarang silakan cek lagi, apakah interest yang anda target. Apakah sudah sesuai dengan target market anda?

#KesalahanKEDUA – Creative Ads Tidak Menarik

Kesalahan kedua adalah salah memilih creative ads (Video,Gambar,Copy)

Setiap hari, rata-rata orang melihat 362 banner ads

jadi, gambar/video iklan yang anda buat harus benar-benar stand out

Bagaimana cara agar creative yang anda buat bisa menarik perhatian audiens anda?

Berikut ini beberapa tips agar creative yang anda buat stand out.

Langkah pertama cari tahu bagaimana cara kompetitor anda mengiklankan produk mereka.

Anda bisa menggunakan tools seperti Search Is Back atau  untuk melihat bagaimana kompetitor anda mempromosikan produk mereka.

Caranya, kunjungi search is back 

Klik Post & Share

masukan produk atau kata kunci yang ingin anda cari

lalu klik “Find Posts

Hasilnya akan muncul,

Berikut ini adalah salah satu contoh iklan sepatu yang muncul!


Setelah mengetahui contoh iklan dari kompetitor anda,

Sekarang anda sudah punya gambaran bagaimana caranya agar iklan yang anda buat bisa stand out  dimata calon pelanggan anda.

Langkah kedua adalah melakukan improve atau menambahkan sesuatu sehingga iklan anda lebih menarik atau lebih mencuri perhatian.

Dari contoh iklan di atas, saya akan menambahkan border & filter sehingga tampilan iklan diatas lebih menarik.

Saya biasa melakukan manipulasi gambar sederhana dengan menggunakan Canva dan bagi anda yang jago dalam hal desain, bisa menggunakan AI atau Photoshop.

Silakan tonton juga video tutorial cara menggunakan canva

PRO TIPS:

  • Gunakan foto atau gambar dengan kualitas tinggi dari web penyedia gambar gratis
  • 80% gambar iklan menggunakan gambar produk atau foto asli, coba gunakan gambar kartun, siluet, lukisan, WPAP, Emoji dll
  • VIDEO adalah salah satu format iklan terbaik di facebook (Bisa menyampaikan pesan lebih jelas & lebih menarik perhatian) Tidak bisa buat video, anda bisa gunakan slideshow untuk iklan facebook anda
  • Gunakan call to action atau tulisan iklan yang mengajak orang melakukan sesuatu sesuai dengan objektif iklan yang anda buat. Contohnya bila anda membuat iklan dengan objektif engagement, pastikan dalam iklan anda ada ajakan untuk melakukan interaksi misalnya silakan komen & share iklan anda.

Kenapa Gambar/Creative Facebook Ads anda harus menarik?

Creative facebook ads yang menarik bisa membuat orang untuk klik, komen, like, share iklan anda. Bila iklan anda mendapatkan banyak interaksi, biaya iklan facebook anda akan menjadi lebih murah.

Kenapa bisa murah?

Facebook mengangggap iklan anda sangat bermanfaat, sehingga iklan anda akan ditampilkan ke lebih banyak orang di facebook.

Selain itu, bila ada orang yang berkomentar pada iklan anda secara otomatis teman-teman dekat dari orang berkomentar di iklan anda juga akan melihat iklan anda.

Jadi jangan buang-buang uang di facebook, pastikan anda menggunakan creative ads yang bagus.

Bagaimana cara mengetahui apakah creative ads yang anda buat sudah bagus?

Anda bisa melihat dari CTR (Click-through rate) atau rasio klik tayang/muncul

CTR = Jumlah klik / Jumlah iklan muncul

Contoh : 50 klik / 1000 muncul =

CTR = 0.05 atau 5%

Berapa CTR yang paling bagus?

Ini berbeda-beda tergantung objektif yang anda pilih.

kalau saya, biasanya untuk klik link di atas 2% itu sudah bagus CTR-nya dan untuk interaksi CTR-nya di atas 5%

Selain CTR anda juga bisa melihat Relevance score atau penilaian kualitas iklan anda oleh facebook.

Iklan yang bagus nilai Relevance score = 10

Kalau saya biasanya iklan dengan Relevance score = 8 juga sudah cukup bagus 🙂

Ini adalah cara paling mudah untuk mengetahui apakah iklan yang anda buat bagus atau tidak karena ini langsung dilakukan langsung oleh facebook.

Relevance score akan muncul ketika iklan anda sudah dilihat oleh 500 orang berbeda.

Nilai CTR dan Relevance score  bisa anda lihat pada laporan iklan facebook anda seperti berikut ini:

Cotoh di atas adalah hasil iklan saya, dengan nilai CTR 29,6% dan nilai Relevance score 10

Update, Sekarang anda juga bisa melihat gambar iklan yang digunakan oleh kompetitor anda. Caranya buka fanspage kompetitor anda dan klik tab Info & Ads. Contoh: iklan tokopedia bisa anda lihat disini https://web.facebook.com/pg/tokopedia/ads/

 #KesalahanKETIGA – Tidak Melakukan Split-Test FB Ads

Banyak sekali pengiklan pemula di facebook, termasuk saya juga dulunya.

Beriklan di facebook tanpa melakukan split-test sehingga setelah iklan selesai berjalan saya tidak mendapatkan kesimpulan dari hasil iklan yang saya jalankan.

Apa itu split-test Facebook Ads?

Split-test Facebook Ads cara untuk menemukan hasil terbaik dari iklan facebook dengan membandingkan salah satu faktor dalam facebook ads. Misalnya salah satu faktor yang ingin anda tes adalah gambar iklan dan produk yang anda jual adalah sepatu pria.

  • Gambar A = Foto close up sepatu
  • Gambar B = Foto sepatu dipakai oleh model
  • Gambar C = Foto sepatu background rumput
  • Gambar D = Foto sepatu dengan kaos kaki

Setelah iklan berjalan, anda bisa melihat CTR atau Relevance score  dari gambar mana yang paling tinggi atau bagus.

Misalnya setelah iklan berjalan 3 hari, hasil Relevance score dari masing masing gambar adalah sebagai berikut.

  • Gambar A = Foto close up sepatu – 6
  • Gambar B = Foto sepatu dipakai oleh model – 4
  • Gambar C = Foto sepatu background rumput – 7
  • Gambar D = Foto sepatu dengan kaos kaki – 9

Artinya, gambar D memiliki nilai Relevance score paling tinggi setelah iklan selesain berjalan dan bisa mengmbil kesimpulan untuk produk sepatu pria gambar yang paling bagus adalah foto sepatu dengan kaos kaki.

Anda juga bisa melakukan split-testing untuk faktor lain, misalnya faktornya berdasarkan target lokasi.

  • Iklan A Targetnya : Kota-Kota Tertentu
  • Iklan B Targetnya : Seluruh Indonesia

Contoh di atas adalah hasil iklan saya, setelah melakukan split-test saya tahu bahwa ternyata kalau menarget seluruh indonesia iklanya lebih murah.

Hanya saja karena produk yang saya jual tidak menerima pengiriman di seluruh indonesia, jadi iklan yang terus saya jalakan iklan A dengan target kota-kota tertentu.

Meskipun membayar sedikit lebih mahahal tetapi hasilnya bisa langsung terkonversi menjadi penjualan.

Inti dari split-test ini adalah untuk menemukan iklan yang benar-benar meghasilkan uang untuk bisnis anda atau produk yang anda jual.

Itulah pembahasan 3 alasan kenapa iklan facebook anda belum menghasilkan, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Bila anda punya pertanyaan atau tips facebook ads agar tidak boncos, silakan tuliskan pada kolom komentar di bawah ini!