Tips Maksimalkan Strategi Google AdWords Bidding - Elmail Clinton

Tips Maksimalkan Strategi Google AdWords Bidding

Jika Anda sedang mempertimbangkan memasang iklan digital di dunia maya, sebaiknya coba servis Google AdWords. Berbeda dari memasang iklan di media cetak atau televisi, metode layanan Google AdWords menggunakan jasa PPC (Pay-Per-Click). Metode ini memungkinkan perusahaan Anda membayar iklan saat diklik. Tentunya ini jauh lebih menguntungkan dibandingkan membayar langsung dengan jumlah besar saat memasang iklan di majalah atau televisi.

Untuk menghindari kerugian dalam menggunakan Google AdWords, Anda perlu strategi untuk menentukan harga bidding atau penawaran Anda untuk PPC pada Google Words. Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda memaksimalkan strategi bidding Google AdWords sebagai media digital marketing untuk UKM.

Gunakan AdWords Automatic Bidding

Sebelum menentukan jenis bidding yang akan Anda gunakan, tentukanlah sebuah strategi bidding berdasarkan tujuan Anda. Bidding berbeda akan menghasilkan campaign yang berbeda. Automatic Bidding sangat cocok bagi Anda yang baru mulai menggunakan Google AdWords dan ingin meningkatkan jumlah klik dari iklan yang dipasang.

Bidding ini praktis dan statis sehingga membantu meringankan upaya pengaturan iklan sesuai budget, dengan tetap meraih hasil yang diinginkan. Sayangnya, Automatic Bidding kurang fleksibel. Hasil klik yang didapatkan juga terkadang kurang relevan dengan audiens yang Anda tuju.

Gunakan CPC (Cost-Per-Click)

CPC bidding biasanya dilakukan pada campaign dan ad group. Fungsi CPC adalah meningkatkan traffic dengan tetap melakukan setting bidding secara manual. Prosesnya adalah menganalisis conversion data terdahulu agar hasil klik lebih maksimal.

Gunakan CPM (Cost-Per-Thousand Impressions)

Sedikit berbeda dengan CPC, CPM bidding mengizinkan pengiklan membayar per 1.000 kali iklan tampil, bukannya per klik. CPM biasanya lebih difokuskan pada campaign di Google Display Network untuk meningkatkan brand awareness.

Gunakan CPA (Cost-Per-Acquisition)

Conversion adalah transaksi atau pembelian, pendaftaran maupun pengisian form yang merupakan aksi langsung audiens terhadap iklan yang Anda pasang. Untuk memaksimalkan strategi bidding ini, pastikan campaign Anda setidaknya sudah mendapatkan 15 conversion dalam sebulan terakhir.

Itulah beberapa upaya memaksimalkan strategi bidding pada Google AdWords. Pilihan bidding memang beragam dan bisa jadi sangat rumit jika Anda tidak mengetahui apa tujuan beriklan melalui AdWords. Karena itu, sebaiknya Anda terlebih dahulu menentukan tujuan digital marketing untuk UKM yang ingin dicapai sebelum menggunakan Google AdWords. Anda juga harus memahami strategi yang Anda gunakan dan selalu mengawasi perkembangannya untuk hasil maksimal.

 

Sources:

koozai.com/blog/pay-per-click-ppc/using-best-adwords-bidding-strategy-business/

disruptiveadvertising.com/adwords/flexible-bid-strategies/

support.google.com/adwords/answer/2472725?hl=en

SUKA Artikel ini, Share Sekarang!