Perhitungan Strategi PPC Adwords - KLIK DISINI Sekarang!

Perhitungan Strategi PPC Adwords

Ada banyak cara dalam mendatangkan traffic ke website anda. Beberapa diantaranya adalah:

  • Search Engine : organic traffic
  • Social Media : Facebook, Twitter, Path, Google+ dsb
  • Media konvensional : Majalah, koran, banner dsb
  • Mulut ke mulut (viral)
  • Iklan Paid Per Click (PPC) : Jasa Google Adwords, Google Display Network atau Ad Network

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas lebih detil mengenai strategi perhitungan iklan PPC. Menariknya, beberapa client kami terutama untuk E-Commerce mampu membesarkan bisnis mereka dengan mengandalkan strategi iklan PPC ini. Saya akan memberikan perhitungan yang mudah untuk menilai apakah PPC yang anda jalankan sebenarnya mendatangkan keuntungan bagi bisnis anda atau tidak.

Berikut adalah hal – hal yang perlu diperhatikan untuk iklan PPC anda :

Cost Per Click (CPC)

CPC adalah biaya yang anda bayarkan ke jaringan iklan PPC untuk setiap click yang terjadi pada iklan anda. Dengan kata lain :  biaya untuk mendatangkan 1 pengunjung ke website anda dari iklan PPC anda.

Jaringan iklan PPC seperti Jasa Google AdWords biasanya menggunakan konsep lelang untuk setiap keywordArtinya, semakin besar alokasi dana maksimum yang bisa anda sediakan untuk 1 click, semakin besar pula kesempatan iklan anda untuk ditampilkan. Pada kenyataannya, biaya yang anda keluarkan biasanya lebih rendah dari dana maksimum CPC yang anda buat karena mekanisme lelang dan juga pemilihan keyword yang tepat. Maka dari itu, saya merekomendasikan agar anda mengalokasikan maksimum CPC tidak terlalu jauh dari estimasi CPC atau average CPC yang datanya disediakan oleh jaringan iklan pilihan anda.

Dalam menyusun dan menghitung strategi Jasa Adwords saya sarankan untuk menggunakan metode konservatif. Selalu gunakan angka dana maksimum CPC yang bisa anda alokasikan agar lebih akurat dan aman. Tentu anda bisa mendapatkan data yang lebih akurat dari biaya aktual, namun kendalanya adalah angka aktual sangat fluktuatif sehingga menyulitkan perhitungan.

Conversion Rate (CR)

Jika pencatatan dilakukan dengan baik atau Google Analytics dipasangkan pada website, anda bisa mengetahui berapa banyak pengunjung yang akhirnya membeli atau menggunakan jasa yang disediakan.

Untuk mempermudah anda, bagilah jumlah orang yang membeli produk anda dengan total pengunjung website anda dalam 1 periode.

Sebagai contoh, jika pada bulan ini anda bisa mendapatkan 120 orang yang membeli produk anda, dan pada bulan ini jumlah pengunjung yang datang ke website anda adalah 2,500 pengunjung maka conversion rate anda adalah :

( 100 : 2,500 ) = 0.04

Tips : Gunakan rata-rata conversion rate untuk beberapa periode (3 bulan, 6 bulan atau 1 tahun) sebagai angka perhitungan bisnis anda. Jika dimungkinkan, gunakan data pengunjung dan pembeli yang didatangkan hanya dari iklan PPC anda agar lebih akurat.

Yield per Conversion (YPC)

Untuk mendapatkan YPC, bagilah total keuntungan yang dibuat dengan jumlah pengunjung yang membeli produk anda. Pada dasarnya YPC memperlihatkan berapa rata-rata profit yang dihasilkan untuk setiap pelanggan anda.

Dalam menghitung profit, pastikan anda memasukkan biaya pokok untuk menjual produk anda seperti

  • biaya produksi/pembelian
  • biaya kemasan
  • biaya pengiriman barang.
  • dsb.

Jangan memasukkan biaya overhead yang tidak berhubungan dengan COGS seperti

  • gaji karyawan administrasi
  • gaji customer service
  • gaji direksi.
  • Biaya pemasaran seperti PPC
  • dsb.

Yield per Visitor (YPV)

Anda bisa mendapatkan YPV dengan mengalikan CR dengan YPC

YPV = CR x YPC

YPV memberikan gambaran mengenai rata-rata potensi uang yang bisa didapatkan untuk setiap orang yang mengunjungi website anda. Contohnya jika YPV anda adalah 5,000 artinya untuk setiap 1 orang datang mengunjungi website, anda mendapatkan uang sebesar Rp 5,000.

Strategi PPC

Dalam membuat sebuah strategi PPC, kita harus memperhatikan  YPV  dan CPC. Jika kita mendapatkan bahwa YPC > CPC maka anda menjalankan kampanye yang sehat. Setiap traffic yang anda datangkan tetap mendatangkan profit bagi bisnis anda. Dan jika anda menemukan YPV = CPC, maka anda menjalankan kampanye yang tidak mendatangkan profit, tapi tidak rugi juga.

Jika anda perhatikan penjabaran saya di atas, sebenarnya variable yang saya sebutkan masih bisa anda kontrol semua. Pekerjaan rumah kita untuk mendapatkan kampanye yang sehat adalah :

  • Rendahkan CPC anda dengan pemilihan keywords dan strategi yang lebih baik.
  • Naikkan conversion rate anda dengan membenahi website design dan copywriting
  • Dan turunkan biaya-biaya pada produk anda untuk mendapatkan margin yang lebih baik.

Semoga tips dari saya membantu. Saya berharap bisa memberikan sedikit pencerahan bagi anda yang ingin menjalankan kampanye Jasa adwords Murah Dan saya juga terbuka kalau ada yang ingin memberikan masukan dan juga tanggapan dengan komentar di bawah artikel in

SUKA Artikel ini, Share Sekarang!