Studi Kasus : Kurang dari 24 jam menghasilkan Rp100.000 pertama dari internet. - Elmail Clinton

Studi Kasus : Kurang dari 24 jam menghasilkan Rp100.000 pertama dari internet.

100 ribu

Apakah anda sudah menghasilkan Rp100.000 pertama anda dari internet ?

Bila jawaban Anda YA, saya ucapkan selamat karena anda telah berada pada titik aman pertama. Bila BELUM, semoga artikel ini membantu Anda.

Kembali ke November 2012 …

Pada awalnya saya hanya berniat untuk mencari referensi tugas mata kuliah saya di google. Setelah mencari beberapa lama saya tidak menemukan artikel yang menjelaskan topik yang ingin saya cari. Dari beberapa website yang saya kunjungi, banyak website yang muncul di halaman utama google tidak memiliki banyak artikel. Dari sinilah saya menemukan ide untuk menawarkan jasa penulisan artikel pada pemilik website tersebut.

Bagaimana cara saya mendapatkan Rp100.000 pertama dari internet ?

Sebenarnya ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari internet, misalnya menjual produk sendiri, menjual jasa, menjadi publisher (youtubers,blogger) dll. Namun, akan membutuhkan banyak waktu bila anda membuat produk sendiri atau menjadi publisher. Saya merekomendasikan untuk menjual jasa secara online apalagi bila anda memiliki keahlian khusus, namun bila anda sama sekali tidak memiliki keahlian anda bisa menjual jasa orang lain. [ Studi kasus : Menjual jasa penulisan artikel ]

Bagaimana cara menjual jasa yang anda tawarkan ?

Dalam menjual produk atau jasa, saya memiliki tiga langkah yang bisa anda coba :

Langkah pertama : Menentukan Target Pasar

Untitled design (1)

Dalam menentukan target pasar potensial, ada tiga pertanyaan yang harus anda jawab.

  1. Siapa yang kira-kira butuh jasa yang anda tawarkan ?
  2. Apakah mereka mau membayar ?
  3. Apakah anda bisa melakukannya ?

Dalam kasus ini, siapa yang kira-kira membutuhkan Jasa Penulisan Artikel ?

  • Blogger yang sibuk
  • Profesional Bidang tertentu
  • Pemilik Bisnis (Restoran,Toko Online dll)
  • Publisher google adsense

Setelah menduga-duga dari empat contoh di atas, cobalah ajukan pertanyaan kedua.  Apakah mereka mau membayar ?

  • Profesional bidang tertentu (Mau membeli yang penting sesuai harga pasar )
  • Pemilik bisnis kecil (Restoran,Toko Online dll) (Mau membeli dengan harga yang relatif murah  )
  • Pemilik bisnis besar (Restoran,Toko Online dll) (Mau membeli membeli dengan harga tinggi yang penting kualitasnya sesuai )

Pertanyaan terakhir adalah apakah anda bisa melakukannya ?

  • Profesional bidang tertentu (Mau membeli yang penting sesuai harga pasar ) Bisa.
  • Pemilik bisnis kecil (Restoran,Toko Online dll) (Mau membeli dengan harga yang relatif murah) Bisa, namun bila harga terlalu murah anda tidak bersedia.
  • Pemilik bisnis besar (Restoran,Toko Online dll) (Mau membeli membeli dengan harga tinggi yang penting kualitasnya sesuai) Bisa, namun belum yakin apakah bisa menulis artikel dengan kualitas yang baik sesuai dengan harapan klien.

Setelah menjawab tiga pertanyaan di atas, tentukan siapa target market potensial untuk jasa penulisan artikel yang akan anda tawarkan.

Saya memilih untuk menawarkan pada profesional bidang tertentu misalnya pengacara, konsultan, arsitek, dokter gigi dll. Dalam kasus ini target yang akan saya pilih adalah seorang konsultan statistik.

Langkah kedua : Membuat Daftar Target Pelanggan Potensial

Untitled design

Anda harus mencari daftar target pelanggan potensial (Konsultan Statistik). Anda bisa mencari konsultan statistik dengan menuliskan kata “Konsultan Statistik” pada kotak pencarian google. Kumpulkan minimal 20 daftar blog dan alamat email konsultan statistik yang siap anda hubungi.

Langkah ketiga : Mengirimkan Email Penawaran

Untitled design (2)

Setelah mendapatkan 20 daftar email pelanggan potensial, saatnya untuk mengirimkan email penawaran jasa penulisan artikel. Namun, pada email pertama jangan langsung menawarkan  jasa yang anda jual. Sebaiknya ada mengirimkan email perkenalan atau email kritik dan saran. Berikut ini template email yang biasa saya gunakan :

Kepada {Nama Klien},

Salam kenal. Saya {Nama Anda}, saya melihat website bapak dari segi tampilan sudah bagus hanya saja artikelnya masih sedikitSaran saya sebaiknya bapak menambah artikel lagi pada website bisnis bapak. Selain bisa membuat pengunjung lebih mengenal bisnis bapak, website yang selalu update artikel memiliki nilai tambah lebih di mata google.
Bila {Nama Klien} terlalu sibuk sehingga tidak memiliki waktu untuk menulis artikel, saya memiliki “Jasa Penulisan Artikel” yang siap membantu bapak dalam membuat artikel. Saya tunggu umpan baliknya, terima kasih atas waktunya.
Salam,
{Nama Anda}
{Alamat Blog/Website jika ada}
PS : Butuh jasa penulisan artikel profesional untuk bisnis online Anda, balas email ini.

Setelah mengirimkan email, waktunya anda menunggu 24 jam sebelum mendapatkan balasan. Biasanya yang tertarik untuk memesan jasa penulisan artikel akan membalas email anda dan meminta informasi lengkap mengenai jasa yang anda tawarkan. Bila mendapatkan balasan, silakan balas email tersebut dengan paket dan biaya penulisan artikelnya. Saya biasanya memberikan paket Rp250.000 untuk 10 artikel dengan masing-masing 500 kata per artikel.

TOOLS GRATIS : Anda bisa menggunakan Sidekick untuk mengetahui apakah email  anda kirim sudah di buka oleh calon klien anda atau belum.

Pada tahun 2012 saya mengirimkan 20 email penawaran dan besok paginya saya mendapatkan 2 email balasan. Dari 2 orang yang membalas email saya, satu orang langsung melakukan pemesanan paket 10 Artikel senilai Rp250.000.

Sudah mendapatkan klien, tetapi anda tidak memiliki keahlian menulis ?

Bila anda tidak memiliki keahlian menulis, anda bisa mencari teman anda yang bersedia untuk menulis artikel dengan selisih Rp100.000 untuk keuntungan anda 🙂 .

Pada tahun 2012, saya mengalihkan penulisan artikel kepada teman saya dan teman saya bersedia untuk di bayar Rp125.000 untuk 10 artikel. Jadi saya mendapatkan keuntungan Rp125.000 hanya dalam 24 jam saja 🙂

Namun, bagaimana bila anda tidak memiliki teman yang bisa menulis artikel ?

Jangan khawatir, saat ini sudah banyak website seperti sribulancer.com, projects.co.id, freelancer.co.id yang menyediakan tempat untuk mempromosikan proyek anda secara gratis. Anda bisa membuat proyek gratis pada website-website di atas, contoh Saya Membutuhkan Penulis Artikel. Kemudian tuliskan deskripsi artikel yang anda butuhkan, misalnya 10 artikel masing-masing 500 kata per artikel. Artikel dengan tema  tulisan  tentang statistika dan biaya untuk proyek anda sebesar Rp150.000. Nanti anda akan mendapatkan banyak freelancer yang bersedia untuk menulis artikel.

Berikut ini contoh iklan proyek jasa penulisan artikel pada sribulancer.com biaya Rp110.000 untuk penulisan 25 artikel. 

sribulan

Pada tanggal 4 januari 2016 kemarin saya mencoba untuk menggunakan cara ini lagi.

Pena8 jam kemudian …

Untitled designMetode yang saya gunakan 3 tahun lalu, masih berjalan dengan baik hingga sekarang. Anda juga bisa mencoba teknik ini untuk jasa lain yang ingin anda tawarkan. Selamat mencoba 🙂

Saya tunggu kisah sukses anda pada kolom komentar di bawah ini!


Sumber Gambar : Flickr.com

SUKA Artikel ini, Share Sekarang!