SEO vs Adwords, Mana Yang Lebih Berfungsi? KLIK DISINI

SEO vs Adwords, Mana Yang Lebih Berfungsi?

Untuk menjawab pertanyaan judul artikel ini, sebetulnya fungsi dari kedua teknik ini bergantung pada keadaan keuangan perusahaan Anda serta goal yang ingin dicapai.

Buat yang belum memahami dengan jelas apa itu Jasa SEO Indonesia dan apa itu Jasa Google Adwords? Bisa baca artikel yang INI terlebih dahulu

Bagi Anda yang memiliki usaha baru dengan budget marketing yang terbatas, melakukan teknik Adwords mungkin akan tidak begitu efektif, karena Jasa Adwords memang membutuhkan budget yang tidak sedikit. Percuma saja kalau Anda memaksakan Adwords pada aktivitas marketing Anda dengan budget minimal, karena itu sama saja dengan membakar uang Anda sendiri.

adwords-vs-seo

Alrite, pertanyaannya adalah, SEO atau Adwords nih jadinya? Metode mana yang kira-kira paling berfungsi untuk bisnis atau usaha Anda? Dibawah ini adalah beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab sebelum menentukan keputusan akhir:

1. Berapa budget marketing untuk website Anda?

Apabila budget Anda tinggi, you can go ahead with Adwords. Kalau budgetnya rendah, teknik SEO adalah pilihan yang paling bijak.

2. Berapa biaya rata-rata yang dikeluarkan untuk Adwords oleh perusahaan yang bergerak di industri yang sama dengan Anda?

Tim marketing Anda perlu melakukan riset untuk hal ini. Namun satu yang harus diingat, apabila kompetitor Anda mengeluarkan biaya yang tinggi untuk Adwords, artinya … Anda juga akan mengeluarkan biaya yang pastinya tidak jauh dengan yang mereka habiskan.

3. Seberapa kompetitif kah ‘keywords’ atau kata kunci yang akan digunakan dalam aktivitas periklanan Anda?

Apabila kompetitor Anda menggunakan keywords yang sama dengan Anda, artinya Anda harus membayar lebih besar agar keywords tersebut dapat digunakan dalam campaign Anda dan brand Anda lah yang muncul di mesin pencarian, bukan brand kompetitor Anda.

4. Bagaimana dengan tingkat kreatifitas dan waktu yang Anda miliki untuk mengembangkan dan menyusun struktur website Anda saat ini?

Jika Anda tidak memiliki banyak waktu atau tidak ada SDM yang mendukung dalam proses pengembangan dan penyusunan struktur website sesuai dengan aturan SEO, well you better use Adwords.

5. Bagaimana dengan time frame yang Anda miliki saat ini? Terutama dalam penentuan kapan Anda ingin mulai mendapatkan profit.

Kalau Anda menginginkan sales terjadi dalam waktu yang cepat, gunakan Jasa Adwords. Biaya memang akan lebih besar, namun apabila Anda memilih keywords yang tepat, hasilnya juga pasti akan maksimal. Tapi jika Anda memiliki time frame yang cukup longgar, gunakan Jasa SEO Murah. Teknik SEO adalah metode jangka panjang yang akan mendatangkan traffic secara organik, dan secara perlahan akan membawa website Anda naik peringkat di hasil mesin pencarian.

Kesimpulan:

Pada prinsipnya, apabila Anda memiliki semua sumber daya yang ada, gunakanlah kedua teknik secara bersamaan untuk meraih hasil yang maksimal dalam aktivitas marketing Anda. Tapi selain itu, pastikan juga kalau Anda dan tim menguasai dengan benar bagaimana praktek terbaik dengan kedua teknik ini, agar pada saat Anda mengeksekusi SEO dan Adwords disaat yang bersamaan, satu diantara mereka akan menutupi kekurangan yang lainnya.

Kedua teknik ini dapat meningkatkan traffic pada website Anda dengan sangat efektif apabila diaplikasikan dengan benar. Sedangkan apabila ditanya mana yang paling baik diantara mereka berdua, hanya Anda lah yang dapat memutuskan.

Namun kalau memang keadaan keuangan Anda saat ini dirasa masih terbatas, seperti yang sudah saya sampaikan diatas, gunakan lah Jasa SEO. Bijak dalam menggunakan budget yang ada akan membawa Anda kebih dekat dengan pintu kesuksesan.

 

SUKA Artikel ini, Share Sekarang!