Copywiritng: Cara Menulis Artikel yang Menghasilkan Penjualan

Cara Menulis Artikel yang Menghasilkan Penjualan

Apa itu Copywriting ?

Copywriting adalah teknik menulis yang bertujuan untuk mengajak orang melakukan suatu tindakan misalnya  membeli produk, berbagi artikel, menyukai halaman facebook bisnis anda dan lain-lain.  Teknik copywriting  sering digunakan pada pelbagai media promosi seperti landing page,  iklan, website, brosur, dan lain-lain.

Copywriting banyak digunakan oleh para pemasar untuk membantu mereka dalam menjual sebuah produk/jasa.

Pada artikel ini, saya akan membahas bagaimana cara untuk membuat article copywriting atau menulis artikel yang dapat menghasilkan penjualan. Demi memudahkan penulisan copywiritng, ada formula khusus yang sering digunakan untuk menulis copywriting.  Salah satu formula copywriting yang paling terkenal adalah AIDA . 

Apa itu AIDA ?

AIDA adalah singkatan dari:

  1. Attention
  2. Interest
  3. Desire
  4. Action

Mari kita bahas satu persatu ….!

Attention – Anda harus bisa mendapatkan perhatian dari pembaca copywriting anda. Bila anda menulis article copywriting  anda dapat meletakkan attention pada judul artikel anda. Judul yang menarik, unik, lucu, biasanya menarik perhatian orang.

Interest – Buat pembaca artikel anda tertarik untuk lebih tahu tentang Artikel yang Anda tulis. Pastikan paragraf pertama yang anda tulis menarik minat pembaca anda, anda bisa menyajikan informasi/fakta, data/statistik, studi kasus, gambar dan lain-lain. Intinya ada harus bisa membuat pembaca anda tertarik untuk membaca  artikel anda.

Desire – Buat pembaca anda menginginkan informasi produk atau jasa yang anda tawarkan. Desire ini mirip dengan interest hanya saja lebih bermain pada emosi dan logika pembaca artikel anda. Tidak hanya fokus pada fitur produk tetapi fokus pada benefit dari produk atau jasa yang ingin di tawarkan.

Action – Ajak pembaca artikel anda untuk melakukan action/aksi sesuai dengan tujuan anda, misalnya : membeli, mendaftar, klik link, telepon dan lain-lain. Anda bisa mengajak orang melakukan action dengan menggunakan call to action(CTA) contoh CTA ialah klik disini, Beli Sekarang, Daftar Sekarang dan lain-lain.

Bagaimana cara menerapkan AIDA ini dalam article Copywriting ?

(Studi Kasus : Artikel Pendaftaran Kursus Elite SEO GRATIS)

Pertama, dapatkan perhatian pembaca blog Anda dengan judul yang menarik!

Misalnya :

“Banyak yang Mencari Produk Anda secara Online, Apakah Mereka Menemukan Produk Anda ?

“Banyak yang Mencari Jasa Anda secara Online, Apakah Mereka Menemukan Jasa Anda Anda ?

“Kursus Elite SEO GRATIS, Daftar Sekarang!

Saya menggunakan 3 judul artikel di atas untuk mendapatkan perhatian anda, dalam mengikuti kursus Elite SEO GRATIS.

Kedua, buat pembaca Anda tertarik dengan artikel yang anda tulis dengan membuat paragraf pertama atau bagian awal artikel Anda menarik.

Misalnya :

Ketiga, Buat pembaca anda tertarik dengan informasi pada artikel yang anda tulis dan manfaatkan logika dan emosi mereka untuk mendapatkan perhatian.  Pada bagian ini, Anda harus fokus untuk menarik perhatian pembaca melalui logika dan emosi mereka. Tawarkan benefit dari produk jual atau benefit dari informasi yang ingin anda tawarkan.

Misalnya pada kursus Elite SEO GRATIS  benefitnya ada 3 yaitu :

1. On-Page SEO – Optimalkan Halaman Website untuk Mesin Pencari

2. Off-Page SEO – Dapatkan Rekomendasi link dari Website Berkualitas dan Tertarget

3. Article Copywriting – Cara Menulis Artikel yang Menghasilkan Penjualan

Pada bagian On-Page SEO saya tidak menjelaskan bahwa pada kursus Elite SEO GRATIS anda akan belajar On-Page SEO, tetapi anda akan belajar cara untuk mengoptimalkan website anda pada mesin pencarian google, yahoo, bing dan lain-lain.

Masih bingung tentang fitur dan benefit ? lihat contoh ilustrasi fitur dan benefit iPod pada gambar dibawah ini!

Keempat, Ajak pembaca artikel anda untuk melakukan action  dengan menggunakan call to action.

Misalnya pada artikel pendaftaran Elite SEO GRATIS, saya menggunakan formulir pendaftaran untuk mengajak anda melakukan action pendaftaran pada kursus SEO GRATIS ini.

Mau lihat salah satu contoh artikel saya yang sudah terbukti menghasilkan penjualan? akses sekarang dan bagikan informasi kursus SEO GRATIS ini di Faceboook, KLIK DISINI.

 

SUKA Artikel ini, Share Sekarang!