Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Menulis artikel SEO Friendly bisa di bilang gampang-gampang susah 🙂

Karena anda harus menulis artikel untuk pembaca tetapi sekaligus mengoptimasi artikel untuk search engine. Lalu, bagaimana cara mudah untuk menulis artikel yang bisa menjawab dua point di atas? Caranya ialah kembali lagi ke Mindset awal SEOtujuanya adalah membuat konten yang bermanfaat bagi orang lain sehingga mereka dengan mudah bisa menemukan solusi di permasalah mereka.

Bagaimana Cara Menulis Artikel SEO Friendly agar bisa menjadi solusi bagi pengguna dan mudah masuk di halaman 1 Google?

  1. Melakukan Riset yang Mendalam
  2. Menyusun Kerangka Artikel dari Hasil Riset
  3. Memasukan Elemen On Page SEO
  4. The Express SEO
  5. Melakukan Publikasi Artikel

Melakukan Riset yang Mendalam

Agar bisa menjawab solusi dari permasalah yang di cari oleh pengguna di google anda sebagai penulis harus melakukan 3 tahapan riset yang mendalam.

1. RISET Keywords

Riset keywords bertujuan untuk mengetahui query mana saja yang sering di cari orang di Google terkait suatu topik tertentu. Anda bisa menggunakan tools seperti ubersuggest atau Google Keywords Planner untuk mengetahui query yang paling banyak di cari orang di google serta tingkat kesulitan optimasi keywords tersebut.

Contohnya pada artikel ini, misalnya topik yang ingin di bahas adalah artikel SEO.

Pada hasil di atas, yang berkaitan dengan artikel SEO adalah contoh artikel SEO, jasa penulisan artikel seo, artikel seo friendly. Sedangkan topik yang ingin saya bahas pada artikel ini adalah cara menulis artikel seo. Jadi saya harus melakukan cek ulang ke ubersuggest untuk keywords baru ini.

Nah, dari hasil ini mulai kelihatan 🙂

orang juga mencari panduan, cara menulis, cara membuat artikel yang seo friendly. langkah selanjutnya tentunya saya harus mecoba riset keywords sinonim lainnya dari menulis ke membuat.

Dari hasil ini lengkaplah sudah, proses riset keywords tentang topik artikel seo. Karena saya ingin menulis cara membuat artikel seo, maka keywords yang saya pilih untuk di optimasi pada artikel ini yaitu:

Artikel SEO – Short Tail 

Cara Menulis Artikel SEO – Long Tail Keywords

Cara Membuat Artikel SEO – Long Tail Keywords

2. RISET di Google/SERP

Pada riset yang kedua ini kita melakukan riset di google untuk mengetahui konten seperti apa saja yang mucul di Google ketika suatu keywords di cari orang. Silahkan lihat contoh hasil penelusuran dibawah ini!

Dari gambar di atas, bisa dlihat bahawa Google menampilkan artikel yang judulnya ada kata SEO friendly. Hasil riset ini menujukan Google memprioritaskan artikel yang juga membahas tentang SEO friendly, jadi meskipun keywords yang akan saya target cara menulis artikel SEO, saya tetap memasukan kata SEO friendly entah di judul atau meta dan konten saya. Hal ini saya lakukan agar google makin paham dengan artikel yang saya tulis.

3. RISET di web Kompetitor

Riset pada website kompetitor bertujuan untuk mengetahui topik-topik apa saja yang dibahas oleh komeptitor kita. Sehingga nantinya kita bisa melakukan modifikasi atau membuat artikel baru yang lebih bagus lagi dan lebih kaya lagi pembahasannya.

Menyusun Kerangka Artikel dari Hasil Riset

Setelah melakukan riset yang mendalam baik dari keywords, hasil tampilan di Google/SERP dan konten pada website kompetitor. Anda kemudian bisa membuat kerangka artikel atau draft artikel yang akan anda bahas atau tulis pada artikel anda. Sebagai contoh, anda bisa melihat draft artike saya dibawah ini ini!

Memasukan Elemen on Page SEO

Setelah kerangka artikelnya ada, anda bisa langsung menulis artikelnya. Jangan lupa untuk memasukan elemen on Page SEO pada artikel anda. Hal ini harus anda lakukan supaya google mudah memahamin artikel yang anda tulis itu membahas hal apa saja. Berikut ini elemen on page seo yang penting untuk anda masukan dalam artikel anda:

1. Judul Artikel

Buatlah judul yang menarik sehingga orang tertarik untuk membaca artikel anda. Anda bisa menggunakan Angka, tanda kurung, super words, dan lainnya. Pastikan juga anda memasukan keywords hasil riset anda pada judulnya ya!

2. Meta Description

Meta SEO sangat penting untuk membuat orang makin tertarik dengan isi artikel. Anda juga bisa meletakkan keyword-keyword pendukung yang akan anda target masuk halaman 1 juga. Contohnya pada artikel ini, saya menuliskan cara membuat artikel seo, pada meta SEO-nya.

3. Headline (H1, H2, H3)

Satu lagi agar artikel anda mudah dipahami anda bisa menambahkan elemen H1-H6 Pada sub judul artikel yang anda tulis.

4. Link (External & Internal)

Supaya artikel yang anda tulis bounce ratenya rendah dan memilik power yang bagus. Anda bisa menambahkan links internal ke artikel lain yang terkait atau link external ke sumber yang terpercaya.

5. Optimasi Gambar

Gunakan gambar yang sudah di kompres dengan menggukan tools seperti shortpixel, tinyjpg dan lainnya agar tidak memberkatkan website. Pastikan juga untuk menambahkan alt image, sehingga apabila gambarnya tidak mucul atau error deskripsi gambar tersebut bisa terbaca jelas oleh orang. Selain itu, ini juga bisa membantu Google memahami gambar yang ada pada artikel anda.

The Express SEO

Teknik ini adalah cara mudah agar website bisa masuk halaman 1 Google dalam hitungan menit saja. Maaf selama proses nanti akan di SENSOR. Anda bisa membeli materi lengkap the express seo di studikasusseo.com

 

Publikasi Artikel

Agar artikel yang anda tulis bisa diketahui oleh google, anda bisa meminta index ke google melalui Google search console.  Namun bila anda mau artikel anda menjadi viral, anda bisa membagikannya ke social media juga 🙂

Semoga artikel ini bermanfaat!

 

%d bloggers like this: