5 Keahlian Sederhana Jasa SEO

Jasa SEO menjadi pilihan start up pemula dan bisnis menengah yang masih merintis bisnis. Perusahaan besar pun biasanya memiliki tenaga ahli sendiri yang menerapkan teknik SEO. Tujuan adanya teknik SEO pada situs adalah untuk meningkatkan pengunjung pada situs dan kemungkinan pengunjung tersebut akan menjadi konsumen. Ini merupakan salah satu teknik pemasaran online di internet. Mengingat begitu banyaknya konten di internet maka butuh usaha tersendiri agar situs bisa masuk halaman pencarian. Dalam teknik SEO terdapat beberapa keahlian sederhana selain pembuatan situs yang bisa dipelajari sendiri.

  1. Menulis dengan Kata Kunci

Salah satu keahilan dasar dan mudah dipelajari adalah menulis dengan kata kunci. Akan tetapi tentu saja keahlian jasa SEO ini tidak semata-mata hanya dengan menyisipkan kata kunci namun harus memilih kata kunci dan menempatkannya di bagian yang sesuai. Ada beberapa yang mewajibkan kata kunci untuk muncul di 50 kata pertama dan 50 kata terakhir artikel. Ada juga aturan dengan menempatkan kata kunci di setiap paragraf. Pada dasarnya penempatan kata kunci harus tidak terlihat tidak berkaitan dengan isi konten. Kata kunci harus bisa menyatu dengan alami dengan isi konten sehingga tulisan tidak akan terlihat terlalu kaku dan terlalu terlihat hanya sebuah tulisan untuk menaikkan rating.

  1. Menyisipkan Link Internal

Link internal adalah link yang disisipkan pada konten. Link atau tautan akan mengarahkan pada konten atau halaman lain di situs yang sama. Tujuan menyisipkan link internal adalah agar pengguna internet bisa berlama-lama di situs dan melihat iklan atau penawaran yang ada di situs. Tentu saja menyisipkan link internal tidak boleh sembarang. Menyisipkan link internal harus melihat konten yang ada. Contohnya konten mengenai kecantikan kulit maka sisipkan link internal hanya yang berhubungan dengan kecantikan kulit pada situs yang sama. Dengan menyisipkan link atau tautan, presentase banyaknya pengunjung juga semakin meningkat. Meskipun tidak menjamin namun ada kecenderungan orang akan mengklik internal link.

  1. Menata Penulisan Konten

Hal lain yang juga menjadi aspek dalam teknik SEO yang sederhana adalah menata penulisan konten. Penulisan meliputi penataan paragraf, kalimat dan pilihan kata. Pada paragraf, akan lebih baik jika menggunakan sub judul untuk topik berbeda. Dan untuk kalimat akan lebih baik jika menggunakan kalimat aktif dan penyusunan yang tidak terlalu panjang. Tidak hanya itu, awal setiap kalimat menggunakan kata yang berbeda atau tidak sama. Sedangkan pada pemilihan kata, yang menjadi prioritas adalah penggunaan kata ganti orang. Terkecuali untuk konten dengan target remaja dan anak muda, penggunaan kata ganti orang mempunyai skor SEO lebih tinggi jika menggunakan kata ganti ketiga dengan merujuk sesuai tema artikel. Sebagai contoh, artikel tentang hotel maka merujuk pada tamu, konsumen dan nama generik lainnya dibandingkan menggunakan kamu, saya, anda dan sebagainya.

  1. Memperhatikan Penulisan Judul

Selain isi konten, judul juga menjadi aspek yang penting. Salah satunya dengan menulis judul tanpa menggunakan terlalu banyak kata depan dan kata sambung. Ada juga penggunaan angka untuk konten jenis listikel atau sub judul. Apabila ingin menambahkan deskripsi maka bisa dengan menggunakan dash atau strip dan menekankan poin utama, contoh “5 Manfaat Manggis – Khasiat dan Nutrisi” dan masih banyak lagi. Hal hal yang disebutkan baru mencakup penulisan dan belum masuk ke penyusunan situs.