5 Ide Bisnis Menghasilkan Komisi Afiliasi Tanpa Blogging

5 Ide Bisnis Menghasilkan Komisi Afiliasi Tanpa Perlu Blogging

Apakah affiliate marketer harus aktif blogging ? Jawabannya TIDAK. Ini dia, 5 ide bisnis afiliasi tanpa perlu blogging, KLIK elmailclinton.com

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari internet, salah satunya ialah dengan menulis blog dan mempromosikan produk afiliasi. Saya adalah salah satu dari affiliate marketer yang mempromosikan produk afiliasi melalui blog. Namun, pada artikel kali ini saya akan membahas lima contoh ide bisnis yang bisa diterapkan oleh affiliate marketer tanpa harus menulis blog.

INFO : apa itu affiliate marketing klik disini

1. Membuat Situs Cahsback

a1

 

Situs cashback ialah website yang menyediakan layanan potongan harga dengan sistem uang kembali. Contohnya Shopback.co.id, anda akan mendapatkan potongan harga pada setiap produk yang anda beli melalui Shopback. Situs jenis chasback ini mendapatkan keuntungan dari selisih komisi yang diberikan marchant dan uang kembali yang diberikan kepada member yang melakukan pembelian melalui situs chasback.

Misalnya, Blibli.com adalah salah satu marchant yang memberikan komisi sebesar 10% kepada Shopback untuk setiap produk Fashion yang terjual. Shopback memberikan cashback kepada member yang membeli produk fashion melalui link afiliasi Shopback sebesar 8%. Dari ilustrasi ini, Shopback mendapatkan keuntungan atau selisih komisi 2% dari setiap produk yang terjual.

2. Membuat Situs Kode Voucher/kupon diskon

Situs kode voucher ialah website yang menyediakan kode voucher atau kupon diskon pada pengunjung yang ingin membeli produk pada marchant mereka. Contohnya flipit.com/id yang memberikan kode voucher dari banyak toko online yang ada di indonesia. Situs kode voucher mendapatkan keuntungan penuh dari komisi afiliasi mereka yang di berikan marchant. Misalnya blibli.com sebagai marchat memberikan komisi 3% untuk semua produk pada kategori rumah tangga dan memberikan diskon khusus 20% pada pembelian kategori rumah tangga. Nantinya setiap terjadi pembelian produk pada kategori rumah tangga dengan menggunakan kode voucher yang ada di flipit.com/id, Flipit akan mendapatkan komisi 3%. Model bisnis ini memberikan keuntungan lebih besar, hanya saja diperlukan integrasi khusus dari segi teknologi dan kerja sama bisnis.

3. Membuat Situs Pembanding Harga

a3

Situs pembanding harga adalah website khusus yang bisa membandingkan pelbagai harga produk dari beberapa toko online/website yang sudah menjadi partner. Contoh website seperti ini yang ada di indonesia ialah telunjuk.com. Misalnya ada ingin mencari website yang menjual Ovomaltine paling murah, anda hanya perlu mengetikkan kata Ovomaltine pada kotak pencarian telunjuk.com.

a4

Nantinya, telunjuk.com akan menampilkan harga Ovomaltine paling murah dari beberapa toko online. Model bisnis seperti ini mendapatkan keuntungan dari komisi afiliasi untuk setiap penjualan yang terjadi atau komisi afiliasi setiap pengunjung yang berhasil di arahkan ke website marchant.

4. Membuat Situs Sub Affiliate Network

Affiliate network ialah website yang bekerjasama dengan berbagai marchat yang ingin memiliki program afiliasi tanpa perlu pusing dengan teknologi affiliate marketing. Baca Artikel tentang affiliate network di indonesia disini.

a5

Sub affiliate network adalah bagian kecil dari affiliate network, biasanya mengambil program afiliasi yang ada pada affiliate network lain untuk di promosikan. Berikut ini ilustrasinya.

  • Affiliate network A : Memiliki program afiliasi hotel dengan komisi 7% untuk setiap pemesanan hotel.
  • Affiliate network B : Memiliki program afiliasi hotel dengan komisi 8% untuk setiap pemesanan hotel.
  • Sub Affiliate network Hotel (HotelNetwork) : HotelNetwork membuat program afiliasi hotel dengan komisi 5% untuk setiap pemesanan hotel dan mengajak affiliate marketer untuk bergabung pada platform mereka.

HotelNetwork ialah sub affiliate dari network A dan B kemudian di menjalankan lagi program afiliasi hotel tersebut dengan komisi yang lebih rendah. Model bisnis ini mendapatkan uang dari selisih komisi yang diberikan affiliate network. Contoh sub affiliate network yang ada di indonesia ialah pointweb.co.id.

5. Membuat Jasa Asisten Pribadi Virtual

a6

Jasa asisten pribadi virtual adalah platform yang membantu orang sibuk atau yang ingin menghemat waktu untuk melakukan hal-hal sepele seperti, memesan makanan, memesankan tiket perjalanan, membeli barang, mengisi pulsa, membuatkan reservasi, memesankan kendaraan dan lain-lain.

Update : Saat ini YesBoss sudah tidak bisa digunakan

YesBoss ialah contoh bisnis jasa asisten pribadi virtual yang ada di indonesia.

a7

Misalnya anda ingin berangkat ke Bali membutuhkan harga tiket paling murah dan  hotel bintang 4 yang ada di Bali. Anda hanya mengirimkan sms ke YesBoss* untuk mencarikan anda tiket pesawat murah ke Bali dan hotel bintang 4. Setelah itu YesBoss akan mencarikan tiket pesawat dan hotel untuk anda dan mengirimkan informasi hotel dan tagihan yang harus anda bayar. Bila anda setuju dan melakukan pembayaran, pemesanan anda akan di proses YesBoss (Tiket dan Voucher hotel akan dikirimkan ke email anda).  Sistem jasa asisten virtual ini mendapatkan komisi afiliasi dengan bekerjasama pada marchant yang memiliki program afiliasi (pegipegi.com atau tiket.com). * Anda harus mendaftar terlebih dahulu pada website YesBoss

Sekarang anda bisa memilih mau menjadi affiliate marketer biasa dengan merekomendasikan produk afiliasi melalui blog atau membangun kerajaan bisnis sebagai affiliate marketer.


Sumber Gambar : Flickr.com

SUKA Artikel ini, Share Sekarang!