4 Manfaat Jasa SEO untuk UKM

UKM atau Usaha Kecil Menengah adalah jenis usaha yang membidik pendirian usaha oleh rumah tangga dan kelompok masyarakat kecil. Dibandingkan perusahaan besar, UKM memiliki skala yang lebih kecil. Usaha bisa dimulai dari kreativitas di rumah hingga kolektivitas warga untuk membentuk komunitas produktif. Ide dari mendirikan UKM sendiri bagus untuk menggerakan ekonomi akan tetapi dalam hal promosi tentunya UKM memiliki sumber finansial dan sumber daya manusia yang terbatas. Untuk itulah jasa SEO UKM menjadi solusi dengan berbagai manfaat untuk UKM seperti tertera di bawah ini.

  1. Media Promosi Online

Jasa SEO membantu agar situs muncul dalam hasil pencarian mesin pencari seperti Google. Beberapa bahkan menjamin situs muncul di halaman pertama pencarian. Tentu saja UKM perlu memiliki situs baik yang dikembangkan sendiri atau yang satu paket dengan jasa SEO yang digunakan. Masuk dalam hasil pencarian akan meningkatkan ekspos situs terhadap pengguna internet. Pengguna internet akan lebih mudah untuk mengakses situs dan tertarik dengan produk UKM. Menggunakan jasa ini memang lebih mudah terutama bagi UKM yang belum memilik personalia yang ahli dalam bidang online marketing. Tanpa perlu mengeluarkan banyak tenaga, situs dari UKM bisa mendapatkan promosi secara online.

  1. Meningkatkan Profit Usaha

Saat UKM mendapatkan promosi yang lebih luas dengan muncul di hasil pencarian mesin pencari, maka kemungkinan konsumen akan memutuskan membeli produk UKM juga lebih besar. Jika banyak yang membeli, hal tersebut dapat meningkatkan profit usaha. Profit usaha bisa terus meningkat hingga berkali lipat dari biasanya. Terutama jika produk yang dipasarkan juga cukup menarik baik itu unik maupun produk yang banyak dibutuhkan masyarakat dengan harga yang bersahabat. Dengan begitu maka UKM bisa mulai berkembang dengan profit yang ada serta profit tersebut bisa berguna untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan maupun personal.

  1. Menghemat Biaya Pemasaran

Produk yang dijual secara online akan menghemat biaya pemasaran apabila menggunakan jasa SEO sebagai media pemasaran. Jasa SEO tidak membutuhkan anggaran dana untuk selebaran, pramuniaga dan juga hal lain yang berhubungan dengan promosi fisik. Akan tetapi pemilik usaha UKM cukup membayar tarif jasa sesuai dengan jasa yang digunakan. Harga itu sendiri bervariasi tergantung dengan permintaan serta berapa lama suatu konten SEO dipasang. Biasanya biayanya biss dihitung pertahun. Bagi yang juga menggunakan jasa pembuatan situs tentunya biayanya lebih tinggi daripada yang hanya pembuatan konten. Tetap saja biaya tersebut masih terjangkau dibandingkan harus promosi secara offline.

  1. Memajukan Perkembangan UKM

UKM terkadang harus mengalah dengan usaha besar yang memiliki sumber finansial lebih besar untuk promos. Akan tetapi jika UKM memiliki perpaduan yang bagus antara produk menarik dengan hasil jasa SEO yang bagus maka tidak menutup kemungkinan usaha akan mendapatkan eksistensi baru dan semakin meningkat. Apabila usaha berkembang maka akan semakin banyak permintaan dan kebutuhan merekrut karyawan baru. Dengan begitu, jasa SEO secara tidak langsung membantu perluasan lapangan kerja dan perkembangan UKM.