Studi Kasus : Satu artikel yang menghasilkan 1 juta rupiah

Studi Kasus : Satu artikel yang menghasilkan 1 juta rupiah

100 ribu (3)

Kembali ke November 2013

Satu tahun setelah mendapatkan Rp100.000 pertama saya dari internet, akhirnya saya bisa mendapatkan 1 juta rupiah per bulan pertama saya dari internet hanya dengan menulis satu artikel. Bila pada tahun 2012 saya mendapatkan uang dari jasa penulisan artikel, pada tahun 2013 saya mendapatkan uang dari komisi afiliasi. Komisi afiliasi adalah komisi yang didapatkan oleh seorang affiliate marketer dari penjualan suatu produk.

Bagaimana langkah-langkah menghasilkan 1 juta rupiah dari satu artikel saja dalam 1 bulan ?

Untitled design (1)

Pertama, Memilih produk afiliasi yang memberikan komisi. Pada saat itu, saya memilih produk afiliasi tentang tutorial facebook marketing dan software promosi ke grup facebook secara massal.

Kedua Melakukan riset siapa yang kira-kira akan membeli produk afiliasi yang sudah ada pilih? Contoh tutorial facebook marketing. Berdasarkan hasil riset saya, orang yang mau membeli produk tutorial facebook marketing ini adalah pebisnis online dan orang yang ingin berbisnis online.

Untitled design (2)Ketiga,  Mencari tahu website-website mana saja yang sering di baca oleh target market produk yang anda promosikan. Dalam kasus ini, untuk produk facebook marketing bisanya mereka suka membaca website yang berkaitan dengan bisnis online. Kenapa tidak menulis artikel pada blog sendiri ? sebab bila menulis artikel pada blog sendiri anda harus mempromosikan artikel tersebut agar bisa di baca oleh banyak orang. Sedangkan bila anda menulis pada website orang lain, anda tidak perlu lagi mencari pembaca artikel anda karena blog orang lain tersebut sudah memiliki pembaca setia.

Cara mendapatkan website tentang bisnis online cukup mudah, anda hanya perlu menelusuri kata “Bisnis Online” di google maka muncul website tentang bisnis online. Setelah mendapatkan websitenya, cari tahu alamat kontak pemilik website tersebut anda bisa melihat alamat kontak pada website atau mencari tahu melalui who.is.

Keempat, Mengirimkan email penawaran untuk menjadi penulis tamu pada website orang lain. Setelah mendapatkan website dan kontak admin yang menjadi target selanjutnya ialah mengirimkan email penawaran kerjasama. Berikut ini contoh email yang bisa anda kirimkan.

Kepada {Nama Admin Website}

Salam kenal, nama saya Mail. Saya seorang affiliate marketer. Saya senang sekali membaca artikel-artikel pada {Nama Wesbitenya}, saya juga suka menulis tentang {Topik Tulisan Anda}. Bila berkenan, saya ingin menjadi penulis tamu pada {Nama Wesbitenya}.

Saya tunggu kabar baik dari anda, terima kasih.

Salam,

Elmail Clinton – affiliate marketer

Kelima, Setelah mendapatkan balasan setuju, sekarang saatnya untuk membuat artikel yang bisa menghasilkan penjualan.


 

Tips Membuat Artikel yang Menghasilkan Penjualan.

  • Membuat Judul yang Menarik tentang topik yang ingin anda bahas misalnya facebook marketing.

Fakta : 99% orang datang ke internet untuk mencari informasi, mereka tidak datang untuk membeli produk yang anda promosikan di internet. Jadi, anda harus membuat judul yang informatif dan menarik. Judul yang informatif biasanya sudut pandangnya berupa Kumpulan Review, Berita, Tips. Berikut ini contoh penggunaan tiga sudut pandang tersebut dalam mempromosikan tutorial facebook marketing dan software promosi di grup facebook.

[ Review ] 8 Aplikasi facebook ini, akan meningkatkan penjualan anda

[ Berita ] Hanya Bermodalkan Facebook, Pemuda ini Raup 30jt per Bulan

[ Tips ] 7 Tips Jitu Promosi pada Grup Facebook

  • Isi Konten Sesuai dengan Judul

Setelah menuliskan judul, usahakan untuk menulis isi artikel tersebut sesuai dengan judul yang anda berikan. Bila anda hanya memberikan judul yang menarik saja, tetapi kontenya tidak sesuai ini akan membuat pengunjung merasa tertipu. Sebaiknya anda menulis ini konten dalam bentuk poin-poin sehingga memudahkan pembaca untuk memahami apa yang anda tulis.

  • Call To Action

Setelah artikel selesai di tulis, pastikan anda menempatkan call to action  pada artikel tersebut. Pada call to action inilah, anda dipersilakan untuk menjual sesuatu kepada pembaca artikel.

Call To Action ialah gambar atau tulisan dengan link mengarah ke link link afiliasi anda dan bertujuan untuk mengajak orang mengklik link tersebut atau melakukan sesuatu. Contoh Call To Action : Klik Disini, Beli Sekarang, Hubungi Kami dll

Letakkan call to action  pada akhir artikel, sebelum orang meninggalkan artikel yang telah selesai mereka baca. Buatlah satu paragraf baru berupa kesimpulan atau ajakan untuk mendapatkan lebih dari artikel yang sudah anda tulis. Misalnya : Anda sudah melakukan 7 Tips Jitu Promosi pada Grup Facebook tetapi hasilnya belum maksimal ? Dapatkan software untuk promosi ke 1000 grup hanya dengan satu kali klik saja, KLIK DISINI.

Itulah cara saya untuk mendapatkan satu juta pertama dengan mempromosikan produk afiliasi. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat untuk anda, ada juga bisa mengaplikasikan teknik ini untuk produk/ jasa lain yang ingin anda promosikan.

Anda bisa melihat contoh artikel saya yang menghasilkan satu juta rupiah klik disini (14 November 2013).


Sumber Gambar : Flickr.com